Beranda ›› Headline ›› BUPATI RESMIKAN PUSKESMAS , DILANJUTKAN PENANDANTANGANAN PRASASTI

BUPATI RESMIKAN PUSKESMAS , DILANJUTKAN PENANDANTANGANAN PRASASTI

* Dr. Tigor : Terapkan S3 Di Puskesmas Kota Kecamatan Rantau Utara *

 

Rantauprapat,suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD mengintruksikan kepada Kepala Puskesmas Kota Rantauprapat beserta jajarannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat supaya menerapkan S3 yaitu Senyum, Sapa dan Sentuh.

Hal itu dikatakannya pada acara peresmian Puskesmas Kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara yang berlokasi di Jalan Cut Nyak Dien, Selasa ( 06/05 Bupati Labuhanbatu saat peresmian....) yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti, Pembukaan selubung dan dilanjutkan Pengguntingan Pita yang dihadiri Wakil Bupati Labuhanbatu, Unsur Muspida dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr.Hj.Fitra Laila,Sp.THT.

Kalau di Labuhanbatu ada istilah S4 ( Senang Melihat orang Susah, Susah melihat orang Senang ) dan yang saya tawarkan kepada Kepala Puskesmas adalah S3, Senyum, Sapa dan Sentuh, jadi kepada pasien itu tiga hal yang bisa kita selesaikan atau lakukan yaitu Senyum, Sapa dan Sentuh, “Jangan pula pasien datang ke Puskesmas tak pernah dipegang, walaupun disapa dan senyum, kalau tak dipegang, itu namanya dukun dikampung dengan pengobatan dari jarak jauh, tidak pernah dipegang atau disentuh pasiennya maka dianggap bisa sembuh”, terang Tigor.

Tigor mengungkapkan, bahwa dirinya merasa gembira melihat bangunan Puskesmas Kota Rantauprapat yang tidak pernah terbayangkan begitu megah seperti ini, karena 32 tahun yang lalu waktu berkerja di Puskesmas pedalaman Sumatera Selatan, Puskesmasnya sangat sederhana dan jauh terpencil, bagi saya ini adalah kenangan tersendiri yang mengingatkan pekerjaan saya waktu 32 tahun yang lalu sebagai dokter Puskesmas.

Katanya, hari ini kita meresmikan Puskesmas, banyak yang sudah kita kerjakan untuk Dinas Kesehatan di semua Kabupaten Labuhanbatu ini. Visi saya pada tahun 2010, masyarakat Labuhanbatu jangan sakit, jangan sakit ini salah satu saya siapkan sebagai Bupati adalah sarana kesehatan yang salah satunya adalah Puskesmas Kota ini. Tahun lalu ada 2 Puskesmas yang diresmikan yaitu Puskesmas Gunung Selamat dan Puskesmas Sei Pegantungan, dan semua ini adalah permintaan masyarakat yang realistis dan datang kepada saya untuk dibangun.

Puskesmas ini adalah untuk menggantikan Puskesmas yang berada di Jalan Tennis Rantauprapat yang sudah tidak layak lagi sebagai Puskesmas.  Sebagai orang orang Puskesmas mereka sudah melakukan pekerjaan maksimal dengan mendapat predikat ISO 9001, dari segi managerial mereka sudah bagus tetapi gedungnya sudah tidak layak untuk dipakai, karena itu gedung itu dibangun pada tahun 70 an, untuk itulah dibangun gedung yang baru, sehingga semua pelayanan yang ada didalamnya nanti akan memberikan harapan dari tokoh masyarakat yaitu Pelayanan Prima, jelas Tigor.

Ketua DPRD Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, SPd dalam sambutannya mengatakan dan mengharapkan kepada Kepala Puskesmas agar dapat merawat gedung yang megah ini sekaligus dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Rantau Utara ini. Marilah kita lihat bersama bagaimana Bupati Labuhanbatu sangat respon untuk mendirikan Puskesmas Kota ini, untuk memberikan dan menambah pelayanan kepada masyarakat khusunya dibidang kesehatan agar lebih baik lagi kedepan sesuai visinya “Jangan Sakit” karena kalau kita sakit tak bisa lagi kita membangun Kabupaten Labuhanbatu ini.

Sedangkan, H.Harmen Dalimunthe atas nama Tokoh Masyarakat Lingkungan Cut Nyak Dien mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah berhasil menyulap Puskesmas ini dengan gedung yang begitu megah. “Dengan adanya gedung Puskesmas yang baru ini, marilah kita tanamkan dalam jiwa kita turut memiliki, karena kita telah mempunyai rasa memiliki tentu kewajiban kita untuk menjaga dan merawatnya”, itulah harapan kami sebagai tokoh masyarakat.

Disamping itu, kami atas nama masyarakat kami sangat bangga dengan gedung yang megah ini, tapi alangkah lebih baik jika para perawat dan dokter yang bertugas di Puskesmas ini bekerja dengan Pelayanan Prima, misal, kalau masyarakat mau berobat disambut dengan senyuman, itu sudah merupakan obat bagi kami, ujar Harmen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Hj Helifenida, SKM, M.Kes dalam laporannya menjelaskan, Puskesmas baru ini merupakan relokasi Puskesmas Kota Rantauprapat yang bertujuan untuk lebih meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Rantauprapat, dengan tatanan pengembangan, selanjutnya Puskesmas ini akan ditingkatkan nantinya menjadui Puskesmas Mampu Poned (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar).

Pembangunan Puskesmas Kota ini berdiri diatas tanah lebih kurang seluas 38 x 70 M2 yang dibangun dari sumber dana bantuan keuangan Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan oleh PT. Rizqi Tunggal Pratama dan di Kecamatan Rantau Utara saat ini ada 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Kota Rantauprapat dan Puskesmas Perlayuan, Puskesmas Kota Kecamatan Rantau Utara ini memiliki wilayah kerja sebanyak 7 Kelurahan dengan 3 Puskesmas Pembantu, 7 Poskesdes dan 64 Posyandu dengan melayani penduduk lebih kurang 57.506 jiwa, jelas Helifenida.

Dalam rangkaian Peresmian Puskesmas Kota tersebut Bupati Labuhanbatu menyerahkan bantuan UKS KIT untuk 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Rantau Utara, Rantau Selatan dan Bilah Barat dan menyerahkan Posyandu KIT kepada 10 kelurahan dalam wilayah Kecamatan Rantau Utara, selanjutnya meninjau setiap ruangan Puskesmas dan meninjau pelaksanaan sunat missal serta pelayanan dan pengobatan gratis. Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT dalam rangkaian acara peresmian Puskesmas Kota itu melakukan pemotongan nasi tumpeng yang diserahkan kepada Ketua DPRD Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, SPd. (ta/ss/ra)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.