Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Ziarah Di Makam Sultan Pertama Kesultanan Kotapinang

Bupati Ziarah Di Makam Sultan Pertama Kesultanan Kotapinang

Kotapinang, suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu Selatan, H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM beserta Sekda, Asisten dan Kepala SKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan meninjau sekaligus melakukan ziarah ke makam Pendiri sekaligus Sultan Pertama Kesultanan Kotapinang, Sultan Batara Guru Pinayungan Batara Gorga Sinombah di Desa Bunut Kecamatan Torgamba, Minggu (5/4).

Bupati Labuhanbatu Selatan, H.Wildan Aswan Tanjung,SH,MM saat melakukan ziarah mengatakan sudah lama berniat untuk mengunjungi sekaligus melakukan ziarah ke makam tersebut, namun karena padatnya jadwal kegiatan sehingga rencana tersebut baru terlaksana hari ini (5/4).

H.Wildan Aswan Tanjung, SH, MM berjanji akan melakukan pemugaran komplek makam Sultan Kotapinang tersebut. Sementara itu, Camat Torgamba, H.Tommy Amalona Harahap,S.Sos,MAP mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu Selatan yang telah memberi perhatian terhadap situs makam Kesultanan Kotapinang tersebut.

H.Tommy Amalona Harahap,S.Sos,MAP juga berharap Pemkab Labuhanbatu Selatan dapat menetapkan komplek makam tersebut menjadi situs Cagar Budaya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Desa Bunut, H.Syahrial yang juga merupakan keturunan kesutanan Kotapinang. H.Raja Syahrial mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu Selatan yang telah memberi perhatian dan akan memugar komplek makam Sultan Pertama Kesultanan Kotapinang
tersebut.

Dari berbagai sumber dan literatur sejarah, di Kotapinang dahulu berdiri Kesultanan Kotapinang yang pada awal mulanya bernama Kesultanan Pinang Awan. Kesultanan ini didirikan oleh Batara Gorga Sinomba atau Batara Guru Pinanyungan, putra Sultan Alamsyah Syaifuddin yang berasal dari Kerajaan Pagaruyung.

Pada masa kejayaan Melayu di Sumatera Timur, Kesultanan Kotapinang merupakan satu diantara ke sultanan terkaya, bahkan kekayaannya melebihi kesultanan Deli. Diperkirakan Kesultanan Kotapinang berdiri pada tahun 1630 di wilayah yang sekarang menjadi Kabupaten Labuhanbatu Selatan.(zr/ss/ls)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.