Beranda ›› Headline ›› BUPATI BUKA PELATIHAN BILAL MAYIT SE- LABUHANBATU

BUPATI BUKA PELATIHAN BILAL MAYIT SE- LABUHANBATU

* Tigor : Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Dan Mengurusi Mayit *

 

Rantauprapat, suarasumut.com – Tidak semua orang bisa melakukan mandi mayit atau fardhu kifayah, apalagi tidak memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafankan dan menguburkan jenasah sesuai dengan yang diajarkan dalam Al Qur’an dan Hadist, untuk itu kepada para Bilal Mayit yang mengikuti pelatihan ini saya ucapkan terimakasih.

Demikian antara lain isi arahan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD, Rabu (17/05) saat membuka Pelatihan Bilal Mayit se-Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2014 di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat yang dihadiri para Asisten dan Kepala SKPD serta undangan lainnya.

Pelayanan yang bapak/ibu berikan selama ini sebagai Bilal Mayit untuk pelaksanaan fardhu kifayah kepada masyarakat sangat saya hargai dan secara pribadi saya ucapkan terimakasih. Sebagai penghargaan dan perhatian dari saya kepada 200 orang Bilal Mayit yang mengikuti pelatihan ini, mulai tahun 2014 terhitung dari bulan Januari akan saya berikan honor masing-masing perbulannya sebesar Rp.200.000 per-orang.

“Honor yang kecil ini jangan dinilai dari rupiahnya, karena inilah yang bias saya berikan untuk bapak/ibu para Bilal Mayit, Insya Allah
pada tahun 2015 mendatang kalau keuangan kita mengijinkan pasti akan saya naikkan, seperti program Labuhanbatu Mengaji, pada tahun 2013 honor guru ngajinya hanya Rp.500.000,- tahun 2014 ini kita naikkan menjadi Rp.700.000,- dan ini tidak ada di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, yang ada hanya di Labuhanbatu”, jelas Tigor.

Menurut Tigor, Pelatihan Bilal Mayit ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang penanganan dan pelaksanaan fardhu kifayah sekaligus untuk mengantisipasi kekeliruan yang mungkin terjadi. Disamping itu untuk meningkatkan pengertian, pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh umat islam umumnya, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu bahwa pelaksanaan fardhu kifayah terhadap jenajah adalah kewajiban.

Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Labuhanbatu Drs.H.Usman Ahmad dalam kesempatan itu mengutarakan rasa terimaksihnya kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan perhatian dan pelatihan kepada para Bilal Mayit, “ini merupakan suatu kehormatan bagi kita karena Bapak Bupati Labuhanbatu masih memikirkan masalah Bilal Mayit untuk kepentingan masyarakat yang ada di Desa maupun Kelurahan, untuk itu MUI Labuhanbatu mengucapkan terima kasih karena telah menggagas acara ini”, kata Usman Ahmad.

Sementara, Kakan Kemenag Labuhanbatu dan salah seorang peserta Ahmad Dahlan Ritonga dari Kecamatan Panai Tengah senada mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu, kata mereka, Program yang dicanangkan tentang Bilal Mayit ini sangat kami dukung karena dampaknya sangat membantu masyarakat, mudah-mudahan program ini pada tahun 2015 mendatang akan terus berlanjut dan kami siap mendukung semua program Bapak Bupati asalkan itu bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu.

Kabag Administrasi Binmas Setdakab Labuhanbatu H Muhammad Darwin, SIP dalam laporannya menjelaskan, bahwa Pelatihan Bilal Mayit ini diselenggarakan selama 1 hari penuh, dimana pesertanya sebanyak 200 orang yang berasal dari 9 kecamatan, dengan perincian laki-laki 103 orang dan perempuan 97 orang, kepada peserta dalam pelatihan ini diberikan materi yang terdiri dari teori dan praktek yang dipandu oleh instruktur atau nara sumber sebanyak 5 orang dari Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu.

Sedangkan tujuan dari Pelatihan ini dilaksanakan adalah sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan pemahaman para Bilal Mayit dalam pelaksanaan fardhu kifayah dimasing-masing Desa/Kelurahan se- Kabupaten Labuhanbatu.(ta/ss/ra)

Lihat Juga

Bupati Karo Lantik Tujuh Pejabat Tinggi Pratama

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH melantik Staff Ahli dan 7 Kepala SKPD …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.