Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani

Bupati Nias Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Petani

Nias, suarasumut.com — Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan berupa alat alat dan mesin pertanian (Alsintan) jenis Power Tresher dan Minitiller kepada sejumlah petani di Kabupaten Nias. Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM kepada petani secara simbolis di Desa Hili Badalu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, Rabu (8/10).

Pada acara penyerahan bantuan Alsintan kepada petani secara simbolis, Bupati Nias mengungkapkan, salah satu kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha tani khususnya komoditas padi dan komoditas palawija serta komoditas hortikultura di Kabupaten Nias adalah keterbatasan dan kelangkaan tenaga kerja, sehingga tingkat capaian luas tanam, capaian produksi relatif rendah.

Selain itu, faktor faktor lain yang mempengaruhi produktivitas seperti iklim ekstrim, musim kemarau,curah hujan yang tinggi yang menyebabkan banjir, serta ledakan serangan hama penyakitdan kondisi tradisional yang masih ada anatara lain faktor kebiasaan dan pengetahuan keterampilan serta sikap para petani yang masih orientasi konsumtif belu berjiwa orientasi agribisnis.

Maka, Pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan berusaha mengatasi dan menangani permasalahn tersebut melalui program peningkatan ketahanan pangan dan pertanian serta melakukan pengadaan Alsintan seperti Power Tresher sebanyak 20 unit dan Minitiller sebanyak 8 unit.

Sedangkan program yang sudah dilakukan Pemkab Nias sejak tahun 2011 menurut Bupati Nias adalah peningkatan ketahanan pangan pertanian dengan berbagai kegiatan, peningkatan produksi perkebunan kegiatan, pengadaan bibit karet, kakao danperemajaan serta perluasan kebun karet, peningkatan produksi peternakan dan pencegahan serta penanggulangan penyakit ternak serta rehabilitasi hutan dan lahan.

Pada penyerahan Alsintan tersebut, Bupati Nias juga menjelaskan kalau pengembangan Alsintan tidak bisa lepas dari perubahan struktur ekonomi masyarakat. Alsintan juga bukan hanya berperan dalam meningkatkan luas tanam dan intensitas tanam, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas dan efesiensi usaha tani.(sp/ss/ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.