Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Panen Perdana Padi Sawah Bersama Kelompok Tani DEMFARM

Bupati Nias Panen Perdana Padi Sawah Bersama Kelompok Tani DEMFARM

Nias, suarasumut.com — Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM ikut bersama warga panen perdana padi sawah kegiatan pemberdayaan petani melalui kegiatan DEMFARM di Desa Hilibadalu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, Rabu (8/10).

Dana kegiatan DEMFARM tersebut berasal dari dana dekonsentrasi Satker Bakoorluh Provinsi Sumatera Utara yang dialokasikan di Kabupaten Nias kepada badan ketahanan pangan dan penyuluhan pertanian.

Pada acara panen perdana tersebut, Bupati Nias berharap panen perdana kegiatan DEMFARM padi sawah yang dilaksankan menjadi motivasi kepada seluruh petani sebagai pelaku utama dalam mengelola usaha tani padi sawah dan lebih giat mengikuti anjuran yang disampaikan penyuluh pertanian.

Baik itu dari pengolahan tanah yang benar, penanganan benih, pemberian pupuk dan pemeliharaan yang sungguh sungguh sampai penanganan pasca panen, agar hasil panen yang diperoleh dapat mensejahterahkan keluarga para petani.

Tidak lupa Bupati Nias mengingatkan, hal yang lebih pentingb dan kita pelihara yakni kegotong royongan, karena akhir akhir ini hal tersebut sudah mulai ditinggalkan, dan dibuktikan dengan ketidak serentaknya pelaksanaan penanaman di lahan sawah yang sehampar.

Kita tidak menyadari, dengan ketidak serentaknya penanaman, maka siklus hama dan penyakit yang tidak pernah putus akan dapat merugikan kita. Sehingga dia berharap kegiatan yang sudah dimulai dapat berkelanjutan, serta mengingatkan untuk jangan ada rasa cepat puas dengan hasil yang telah dicapai, melainkan berupaya untuklebih baik serta membiasakan diri membangun keswadayaan dalam berusaha tani.

Tidak lupa Bupati mengingatkan para petani, supaya melanjutkan kegiatan yang telah dirintis pada musim tanam berikutnya, membiasakan menggunakan pupuk organik yang tersedia di sekitar kita dan membangun rasa kegotong royongan pada setiap tahapan kegiatan/pekerjaan dan mengikuti anjuran teknis penyuluh pertanian.(sp/ss/ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.