Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias : Musrenbang Harus Mampu Tingkatkan Partisipasi Seluruh Komponen

Bupati Nias : Musrenbang Harus Mampu Tingkatkan Partisipasi Seluruh Komponen

Nias | suarasumut.com — Pada pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Tahun 2017, Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM meminta Musrenbang RKPD Kabupaten Nias tahun 2017 mampu meningkatkan partisipasi aktif seluruh komponen pembangunan.

Baik itu peningkatan dalam setiap tahapan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, serta peningkatan kinerja pembangunan daerah dalam rangka terwujudnya Nias yang lebih maju.

Hal tersebut disampaikan pada acara Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Tahun 2017 yang digelar di ruang rapat serbaguna, lantai III, kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Senin (14/3).

Bupati Nias juga menerangkan, perencanaan pembangunan merupakan suatu peroses penyusunan tahapan tahapan kegiatan. Tahapan kegiatan tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan pembangunan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial untuk jangka waktu tertentu.

Musrenbang RKPD setiap tahapan pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta peningkatan kinerja pembangunan daerah dalam rangka terwujudnya Nias yang lebih maju dibahas.
Kepala Bappeda Kabupaten Nias Augustinus Zega memberitahu, tujuan pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Nias Tahun 2016 adalah untuk mendapatkan masukan untuk rancangan RKPD yang memuat Prioritas Pembangunan Daerah.

Selain itu untuk pemutakhiran serta informasi kegiatan yang pendanaannya berasal dari bantuan keuangan Provinsi, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Maka harus dilakukan sinkronisasi dan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah menjadi rancangan akhir Renja-SKPD Tahun 2017.

Sinkronisasi program, kegiatan pokok, lokasi kegiatan dan pagu anggaran yang disusun oleh SKPD dan Pemerintah Daerah yang bersifat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan, serta menjadi prioritas pembangunan RKPD Kabupaten Nias tahun 2017.

Selain itu, untuk memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan Pemerintah Daerah dan mengembangkan, serta memperkuat proses partisipasi dalam penyusunan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2017, maka musrenbang Kabupaten Nias Tahun 2016 diharapkan dapat masukan, untuk memutakhirkan Rancangan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2017.

Pada acara pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias tahun 2017 terlihat hadir Ketua DPRD Nias Yaredi Laoli, S.Pd, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Sekda Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP dan mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Marihot Sormin, SE, MM, (sw/ss-ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.