Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Janji Terus Benahi Berbagai Aspek

Bupati Nias Janji Terus Benahi Berbagai Aspek

Nias | suarasumut.com  –  Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli berjanji akan membenahi berbagai aspek di Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Berbagai aspek yang akan dibenahi adalah tataran kelembagaan, manajemen kepegawaian, tata kelola keuangan dan aset, perencanaan dan pengawasan maupun pada kegiatan pengawasan publik.

Hal tersebut disampaikan pada rapat paripurna penyerahan Laporan Keterangan lembar Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nias tahun anggaran 2018 di kantor DPRD Kabupaten Nias, Senin (25/3).

Sebelum mneyerahkan LKPJ, Bupati Nias mengatakan ada sejumlah keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Nias pada pelaksanaan pembangunan bidang pemerintahan dan aparatur tahu. 2018.

Keberhasilan yang dicapai tersebut adalah ketetapan waktu dalam Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nias setiap tahun,
menyelesaikan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tepat waktu.

Mengelola perencanaan, keuangan dan aset daerah berbasis sistim aplikasi,
hingga tahun 2018 sudah ada sebanyak 99 kepala desa definitif yang direkrut melalui pemilihan kepala desa di Kabupaten Nias.

Kemudian telah menfasilitasi dan memberikan tugas belajar kepada beberapa aparatur untuk meningkatkan sumber daya aparatur selama tahun 2018, meningkatkan pelayanan publik dengan melaksanakan pelayanan perizinan langsung di kecamatan, sehingga izin yang telah dilayani dan diproses pada tahun 2018 ada sebanyak 315 izin.

Selain itu persentase kepemilikan kartu tanda penduduk (e-ktp) di kabupaten Nias mencapai 81,09 persen dan kepemilikan kartu identitas anak (kia) mencapai 9,22 persen, kepala keluarga yang telah memiliki kartu keluarga mencapai 91,28 persen, penduduk yang memiliki akta kelahiran 51,74 persen, memiliki akta nikah 44, 64 persen dan telah diterbitkan akta kematian sebanyak 76,30 persen.

Namun dia mengakui, dari sejumlah keberhasilan tersebut yang dicapai pada tahun 2018, masih ada berbagai kelemahan dan kekurangan.

Kelemahan dan kekurangan tersebut adalah beberapa target kinerja pembangunan yang telah ditetapkan belum dapat dicapai.

Bupati Nias menerangkan jika hal tersebut tentu tidak dikehendaki, tetapi terjadi karena berbagai keterbatasan dan kemampuan keuangan daerah serta kompleksnya permasalahan pembangunan yang dihadapi.

Akibat kendala tersebut, sejumlah program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Nias harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Realisasikan Visi Dan Misi, Bupati Nias Butuh Sinergitas Semua Pihak

Nias | suarasumut.com  –  Untuk dapat merealisasikan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Nias, Bupati Nias, …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.