Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Buka Pelatihan Kades Terkait Penyusunan PHD Dan PAPBD Kabupaten Nias

Bupati Nias Buka Pelatihan Kades Terkait Penyusunan PHD Dan PAPBD Kabupaten Nias

Nias, suarasumut.com — Bupati Nias Drs. SOKHIATULO LAOLI, MM membuka acara Pelatihan Teknis Penyusunan Produk Hukum Desa dan Penyusunan APBDes di balai pertemuan, Kecamatan Idanogawo, (30/3). Peserta yang hadir pada pelatihan adalah para Kepala Desa dan Sekretaris Desa dari KecamatanIdanogawo, Kecamatan Bawolato, dan Kecamatan Ulugawo.

Selain sebagai pembuka acara, Bupati Nias juga hadir sebagai penceramah, dan pada ceramahnya memaparkan, upaya-upaya pemerintah dalam membangun desa yang mandiri, tidak pernah berhenti dari waktu ke waktu.

Hal tersbeut menruut dia dibuktikan dengan pelaksanaan program pemerintah, maupun penerbitan regulasi baru yang ditujukan khusus untuk penataan desa, baik dari segi organisasi, keuangan dan pembangunan desa.

Program yang telah terealisasi, diantaranya pemekaran desa sebanyak 46 desa, yang bertujuan untuk optimalisasi pelayanan public serta pemerataan pembangunan bagi seluruh desa.

Peningkatan kesejahteraan aparat desa melalui penyesuaian terhadap tunjangan bagi aparat desa, pembangunan infrastruktur perdesaaan melalui kegiatan yang dikelola langsung oleh skpd teknis, seperti pembangunan sarana dan prasarana transportasi, kesehatan, maupun pendidikan.

Pembangunan infrastruktur perdesaaan melalui program pemerintah yang dikelola
Oleh masyarakat, seperti :
• Program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (pnpmmpd) dimana dalam rentang waktu 5 tahun (2010-2015) pemerintah kabupaten Nias telah mengucurkan dana daerah urusan bersama (DDUB) sebesar Rp. 17.355.500.000, dan hingga saat ini pemerintah Kabupaten Nias tetap menugaskan pendampingan bagi desa guna penyelesaian seluruh kegiatan PNPM-MPD tahun 2014.

• Penambahan besaran DPDK (Dana PemberdayaanDesadanKelurahan) yang sebelumnya Rp.20.000.000 menjadi Rp.25.000.000 per-desa pada tahun 2015 ini.

• Pelaksanaan kegiatan bantuan keuangan Provinsi Sumatera Utara kepada pemerintah desa, dimana pada tahun 2014 telah dikucurkan bantuan kepada 31 desa di kabupaten Nias.

• Pelaksanaan kegiatan Padat Karya pedesaan, dimana dalam rentang waktu tahun 2010 s/d 2014, telah terlaksana kegiatan di 150 lokasi se-Kabupaten Nias.

Dia memberitahu, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, tidak terbatas pada pembangunan fisik semata, namun pembangunan juga mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Peningkatan kualitas SDM dilakukan melalui pelatihan bagi aparat dan masyarakat desa, baik pelatihan teknis maupun pelatihan administrasi dan berbagai program lainnya yang akanterus dilakukan Pemerintah KabupatenNias di masa yang akan datang.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.