Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Berharap RSU Gunungsitoli Bisa Menjadi RS Tipe B

Bupati Nias Berharap RSU Gunungsitoli Bisa Menjadi RS Tipe B

NIAS, suarasumut.com — Pada kunjungan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr.Nafsiah Mboi, Sp,A, MPH ke Rumah Sakit Umum Gunungsitoli, Bupati Nias berharap RSU Gunungsitoli bisa menjadi Rumah sakit tipe B. Saat ini RSU Gunungsitoli masih berstatus RS tipe C, dan Pemerintah Kabupaten Nias sedang berupaya supaya bisa naik tingkat menjadi RS tipe B .

Harapan tersebut diucapkan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya pada acara peresmian RSU Gunungsitoli menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) oleh Menkes RI dr.Nafsiah Mboi, Sp,A, MPH di RSU Gunungsitoli, Jalan Ciptomangunkusumo, Kota Gunungsitoli, Kamis (2/10).

Bupati Nias memaparkan kepada Menkes RI, saat ini RSU Gunungsitoli memiliki kapasitas 211 tempat tidur, yang terdiri dari 6 tempat tidur untuk ruang VIP, 7 tempat tidur untuk kelas I, 33 tempat tidur untuk kelas II, 90 tempat tidur untuk kelas III dan 35 tempat tidur untuk kelas khusus.RSU Gunungsitoli juga memiliki 14 intalasi dan 19 jenis pelayanan.

Sedangkan tenaga kesehatan yang ada di RSU Gunungsitoli yang terdiri dari dokter spesialis menurut Bupati Nias hanya ada 14 orang, dokter umum 14 orang, dokter gigi 3 orang, perawat sebanyak 235 orang, bidan 110 orang dan tenaga kesehatan lainnya sebanyak 134 orang.

Bupati juga memberitahu, salah satu unit pelayanan terbaru di RSU Gunungsitoli adalah unit pelayanan Hemodialis atau cuci darah, dan RSU Gunungsitoli baru memiliki 5 unit mesin, serta dlam waktu dekat akan kembali ditambah 10 unit, sehingga semua menjadi 15 unit mesin Hemodialis di RSU Gunungsitoli.

Sehingga dengan adanya pelanana serta alat tersebut saat ini, Bupati Nias mengklaim jika kini pasien yang ada di RSU Gunungsitoli tidak perlu lagi dirawat di Medan, sehingga keluarga pasien tidak mengeluarkan biaya yang besar dengan menginap di Hotel, sebab sekarang sebagian alat sudah ada di RSU Gunungsitoli.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias juga memberitahu jika harapan RSU Gunungsitoli kedepan adalah bisa melayani seluruh Jamkesmas, BPJS, Alkes dan JKN di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Nias. Saat ini yang masih dilayani hanya mencapai 60 persen dari jumlah keseluruhan.(sp/ss/ni)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.