Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› BUPATI LABURA MENGHADIRI RAPAT KETAHANAN PANGAN NASIONAL DI BANDUNG

BUPATI LABURA MENGHADIRI RAPAT KETAHANAN PANGAN NASIONAL DI BANDUNG

Bandung, suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu Utara H.Kharuddin Syah,SE bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Nilwansyah,SH beserta rombongan lainnya menghadiri Rapat Nasional Ketahanan Pangan, Kamis 8 Mei 2014 yang bertempat di Hotel Horizon Bandung .

Rapat yang di laksanakan oleh Kementerian Pertanian RI dan Dewan Ketahanan Pangan mengundang para Kepala Daerah yang ada di Indonesia. Rapat dibuka langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Siswono, dalam rapat Siswono meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk dapat melakukan kerja sama dengan Pemerintah Pusat dalam menjaga ketahanan pangan.

Kepala Daerah harus berani melarang terjadinya alih fungsi lahan pertanian, jika kita belum mampu menambah areal pertanian paling tidak jangan mengurangi areal pertanian yang telah tersedia.

“ Saya menghimbau para kepala daerah untuk memperhatikan kehidupan para petani dan tetap memberi spirit bagi para peteni untuk tetap mengelolah lahan pertaniannya dengan tidak mengalih fungsikan menjadi lahan perkebunan,” papar Menteri Pertanian.

Bupati Labuhanbatu dalam keterangannya menyampaikan ,” saat ini Kabupaten Labuhanbatu Utara merupakan salah satu lumbung pertanian bagi daerah Sumutera Utara, dengan luas areal pertanian mencapai lebih kurang 35.719 ha. Untuk areal pertanian kita mengandalkan Kecamatan Kualuh Ledong dan Kecamatan Kualuh Hilir, disana saya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar memperhatikan areal pertanian mereka, kita juga berupaya membantu para peteni melalui pengadaan pupuk bersubsidi, pengadaan mesin traktor, pembuatan irigasi dan peminjaman modal lewat koperasi koperasi pertanian yang ada di Labuhanbatu Utara. Beras Ledong merupakan produk pertanian unggulan yang ada di di Labuhanbatu Utara, beras unggulan kita ini sudah kita pasarkan ke negara negara tetangga,” terang Bupati.

Kepala Badan Ketahan Pangan Labuhanbatu Utara juga turut ikut menyampaikan, bahwa di Labuhanbatu Utara masyarakat banyak memamfaatkan areal pekarangan rumah menjadi tempat bercocok tanam, kita sudah mulai mensosialisasikan untuk tidak terlalu bergantung kepada beras. Masyarakat dapat memilih alternatif makanan pokok selain beras, program program tersebut merupakan upaya kita dalam menjaga ketahanan pangan diwilayah Labuhanbatu Utara. (pr/ss/bdg)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.