Beranda ›› Headline ›› Bupati Labuhanbatu Diminta Segera Bentuk Perbup APBD T.A 2015

Bupati Labuhanbatu Diminta Segera Bentuk Perbup APBD T.A 2015

Rantauprapat, suarasumut.com – Masa pembentukan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (R-APBD) T.A 2015 telah berakhir sejak 1 Desember lalu, dan masa pembentukan peraturan bupati tentang penjabaran APBD T.A 2015 menyisakan 16 hari lagi. Untuk itu, Marulin Hasbi Hasibuan meminta Bupati dr Tigor Panusunan Siregar SpPD agar segera membentuk Perbup APBD T.A 2015.

Kepada suarasumut.com, Senin (15/12), Marulin Hasbi Hasibuan menyebutkan, Bupati dan DPRD Labuhanbatu hendaklah arif dan bijaksana dalam membuat kebijakan demi kemasalahatan masyarakat. Ia berharap agar ke 2 lembaga itu tidak bercokol kepada pembentukan perubahan APBD T.A 2014 yang sudah kadaluarsa. “Kita berharap kepada eksekutif dan legislative agar melihat masa depan daerah ini, bukan menyusun strategi untuk memberlakukan perubahan APBD T.A 2014 yang masanya sudah kadaluarsa. Fakta yang kita lihat, hingga saat ini eksekutif tidak membuka waktu penerimaan eksaminasi perubahan APBD,” kata Marulin Hasbi Hasibuan sembari menyebutkan,”Ada apa di balik semua itu,”.

Tokoh muda Labuhanbatu ini menjelaskan, saat ini sudah memasuki minggu ke-3 Desember 2014, sementara masa waktu eksminasi Perbup APBD T.A 2015 membutuhkan waktu 14 hari dan masa waktu penyempurnaan hingga 7 hari kerja. Jika tahapan-tahapan itu diikuti secara benar, maka masa pemberlakuan Perbup APBD T.A 2015 akan melewati T.A 2014. “Masa eksaminasi hingga penyempurnaan saja butuh 21 hari, artinya banyak waktu yang dipersingkat untuk mengejar tahapan yang diatur. Janganlah pembentukan Perbup APBD T.A 2015 dilakukan dengan tergesa-gesa, karena dikhawatirkan tidak sesuai rencana penggunaan anggaran dengan visi-misi kepala daerah,” sebut Marulin Hasbi Hasibuan.

Untuk itu, Marulin Hasbi Hasibuan berharap kepada Bupati Labuhanbatu, dr Tigor Panusunan Siregar SpPD agar menjadikan pembentukan perubahan APBD T.A 2014 sebagai pembelajaran. Ia pun mendesak dr Tigor Panusunan Siregar SpPD menjadi teladan masyarakat mematuhi peraturan perundang-undangan. “Jadikanlah pembentukan perubahan APBD T.A 2014 sebagai pembelajaran yang berharga. Bupati wajib menjadi teladan masyarakat mematuhi hukum sebagaimana sumpah jabatan yang disandang,” ucap Marulin Hasibuan.

Tokoh muda Labuhanbatu ini meminta Bupati Labuhanbatu agar segera membentuk Perbup APBD T.A 2015 sehingga penyelenggaraan pemerintahan daerah T.A 2015 tidak terhambat oleh aturan penggunaan anggaran. Ia mengkhawatirkan, jika pembentukan Perbup APBD T.A 2015 melewati T.A 2014, maka dana di kas daerah belum dapat digunakan sebelum regulasinya diberlakukan. “Dana di kas daerah tidak dapat digunakan sebelum regulasi pendapatan dan pengeluaran disahkan. Dikhawatirkan, ada dana tapi gak bisa digunakan,” jelasnya.

Harapan Marulin Hasbi Hasibuan, Bupati Labuhanbatu juga tidak bertindak ceroboh melanggar aturan yang berlaku penyusunan APBD T.A 2015 sehingga membuka celah uji materi (Yudisial Review) kepada masyarakat. Lanjutnya, jika celah itu dibuka, secara tidak langsung Bupati telah memaksa masyarakat untuk menggunakan hak menguji materi APBD tersebut. “Masyarakat sudah cerdas, kritis, dan bijak. Jika uji materi terhadap peraturan daerah terjadi, yang paling dikhawatirkan adalah dampak politik, social, dan ekonomi daerah,” tegas Marulin Hasbi Hasibuan mengakhiri.

Sementara, pihak eksekutif, khususnya Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Labuhanbatu, Muhfli tak kunjung memberikan penjelasan terkait eksaminasi PAPBD T.A 2014, penyusunan APBD T.A 2015. Seluler pribadinya dikontak dan dikirimkan short massage service (SMS) tak kunjung memberikan jawaban. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.