Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Labuhanbatu Apresiasi Kinerja TNI Memprakarsai Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

Bupati Labuhanbatu Apresiasi Kinerja TNI Memprakarsai Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

RANTAUPRAPAT | suarasumut.com  –  Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0209/LB yang telah memprakarsai Penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dengan menghadirkan narasumber DR.Dodi Susanto Direktur Klinik Pancasila Jakarta.

Apresiasi itu disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Kamis (12/5) pagi saat membuka acara penyuluhan wawasan kebangsaan yang diprakarsai TNI (Kodim 0209/LB) bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

Dalam amanat tertulisnya Bupati Labuhanbatu juga menyebutkan, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah telah mengamanatkan kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk dapat menciptakan, memelihara dan menjaga ketertiban umum dan wajib melaksanakan dan menjaga kelestarian pancasila, undang-undang dasar 1945 dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk melaksanakan tugas dan kewajiban ini sudah barang tentu harus mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat, oleh karenanyalah antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat harus terdapat satu kesatuan pemahaman didalam berbangsa dan bernegara. Dalam rangka menciptakan hal tersebut penyuluhan pembinaan wawasan kebangsaan dengan tema “Melalui penyuluhan wawasan kebangsaan kita tingkatkan persatuan dan kesatuan untuk menjadikan Indonesia yang kuat, besar, sejahtera dan disiplin” merupakan momentum yang tepat bagi kita semua guna mempertebal rasa dan pemahaman tentang pentingnya arti wawasan kebangsaan.

Menurut Bupati, dengan adanya pemahaman kita yang benar terhadap sila-sila dari Pancasila dapat dipastikan sehebat dan sekuat apapun rong-rongan yang ingin mengganggu keutuhan Negara kesatuan republic Indonesia tidak akan berhasil karena dengan pemahaman dimaksud wawasan kita didalam berbangsa dan bernegara tidak akan tergoyahkan.

Oleh karenanyalah saya ulangi kembali, bahwa pelaksanaan penyuluhan wawasan kebangsaan ini merupakan momentum yang sangat tepat guna menyatukan persepsi, pola pandang dan pola fikir serta pola tindak kita didalam mensikapi dan memahami wawasan kebangsaan didalam berbangsa dan bernegara bagi setiap warga Negara demi kelestarian dan keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia, jelas Bupati Labuhanbatu dalam amanat tertulisnya.

Danrem 022 Pantai Timur Kolonel Inf. Toto Nurwanto dalam sambutannya mengatakan, Peningkatan wawasan kebangsaan dan bela Negara merupakan tindakan dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan dan mengoptimalkan pengembangan serta pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan. Guna, pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai kecintaan pada bangsa dan Negara.

Karenanya, kata Danrem, Sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan ini tak hanya semata untuk mendapatkan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air, tetapi diharapkan mampu menggugah kekuatan mental dan fisik masyarakat khususnya generasi muda.

Oleh karena itu, wawasan kebangsaan sangat diperlukan sebagai upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa guna meningkatkan semangat kebangsaan, sehingga bangsa Indonesia bisa mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi termasuk yang paling berat yaitu ancaman disintegrasi bangsa. Wawasan kebangsaan dengan ketahanan bangsa harus selaras sehingga mampu mempersiapkan dan mengantisipasi ancaman, hambatan dan tantangan serta menyikapi berbagai permasalahan secara cermat dan komprehensif bagi keutuhan NKRI.

Kaban Kesbang Pol Linmas Kabupaten Labuhanbatu H Hasnul Basri, S.Sos selaku pelaksana kegiatan dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan kita bersama terkait dengan wawasan kebangsaan, sedangkan hasil yang diharapkan antara lain, agar aparatur pemerintah, ormas, OKP dan LSM di Kabupaten Labuhanbatu turut merasa bertanggungjawab dan bersinergi untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan wawasan kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.

Menurut Hasnul Basri, kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan ini dilaksanakan satu hari dengan peserta sebanyak 300 orang yang terdiri dari unsur Forkompinda Labuhanbatu, Aparatur Pemerintah, TNI dan Polri serta Ketua Ormas, OKP dan LSM. Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Labuhanbatu memberikan buku yang berjudul “BATARA” (Bantuan Antisipasi Terorisme Aksi Radikalisme Anarkisme) kepada aparatur pemerintah, ormas, OKP dan LSM serta Tim Penggerak PKK maupun Pengurus Persit.(ta/ss-lb)

Lihat Juga

Banggar DPRD Dan TPAD Pemkab Labusel Bahas APBD 2020

LABUSEL | suarasumut.com  –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Tim Anggaran …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.