Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› BUM Desa Sergai Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional

BUM Desa Sergai Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional

Sergai | suarasumut.com  –  Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Mandiri Desa Gudang Garam Kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meraih penghargaan terbaik tingkat Nasional Kategori Inovatif Tahun 2016 oleh Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo pada 7 Nopember lalu di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan karena BUM Desa tersebut mampu mengelola usaha air bersih dan pipanisasi, air minum yaitu isi ulang RO (Reserve Osmosis) dan air minum kemasan cup serta jasa sewa perkakas pesta dan sarving (pelayanan umum) usaha pembayaran listrik.

Kaban BPMBD Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH didampingi Kades Gudang Garam Purwono dan Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat Samsul Sijabat, SE saat beraudensi dengan Wabup Sergai Darma Wijaya, Senin (14/11) di ruang kerjanya komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Dikatakan Kaban BPMPD Sergai Dimas Kurnianto SH bahwa jumlah BUM Desa yang ada di Sergai sebanyak 31, kedepannya harus mampu berinovasi guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Selain BUM Desa Mandiri yang ada di Desa Gudang Garam, Pemkab Sergai juga mengikutsertakan BUM Desa Maju Bersama Desa Kuta Pinang Kecamatan Tebing Syahbandar dalam seleksi BUM Desa terbaik tingkat Nasional.

Sementara itu Kades Desa Gudang Garam Purwono mengemukakan pendirian BUM Desa ini dilatarbelakangi oleh sulitnya air bersih, hal ini dikarenakan oleh kondisi daerah tersebut yang mayoritas merupakan dataran tinggi. Sedangkan untuk total omzet pada tahun ketiga sebesar Rp.47.053.350,- dan mampu meraih laba bersih sebesar Rp.14.746.250,-. “Dengan adanya BUM Desa ini kini tersedia bak penampungan air bersih dan water leading disetiap dusun untuk mendukung pipanisasi ke rumah masyarakat desa. Pengelolaan dan pengembangan BUM Desa ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang sejahtera dan mandiri sesuai dengan visi dan misi desa,”ujar Purwono.

Menanggapi hal tersebut Wabup Sergai Darma Wijaya yang didampingi Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM dan Kabag Humas Benny Saragih merasa bangga atas prestasi tersebut. “Ini merupakan prestasi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat di penghujung tahun. Oleh karenanya Wabup berpesan agar prestasi ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ujar Wabup Sergai.

“Keberhasilan Desa Gudang Garang meraih prestasi tingkat nasional akan menjadi pionir bagi desa-desa yang ada di Sergai sehingga memotivasi desa lain untuk melakukan inovasi dan peningkatan terhadap desanya,” pinta Wabup Darma Wijaya.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.