Beranda ›› Foto & Video ›› Buka Sejarah! PN Rantauprapat Gelar Sidang Pelanggaran Lalu Lintas

Buka Sejarah! PN Rantauprapat Gelar Sidang Pelanggaran Lalu Lintas

Rantauprapat, suarasumut.com – Setelah disorotinya sidang perkara pelanggaran lalu lintas di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, akhirnya sidang benaran dilaksanakan pada Jumat lalu. Anehnya, baik Hakim maupun Panitera Pengganti yang memeriksa perkara pelanggaran lalu lintas itu tidak mengetahui jumlah perkara yang disidangkan.

Pantauan suarasumut.com pada Jumat 19 Juni 2015 lalu, puluhan masyarakat memenuhi ruang sidang Cakra PN Rantauprapat. Terlihat, Hakim Fitriadi SH memimpin sidang yang dibantu Panitera Pengganti, Kalipode Hasibuan yang juga turut dalam sidang itu pihak Kejaksaan Negeri Rantauprapat dan Polres Labuhanbatu.

Informasi yang dihimpun hingga Minggu (21/6), sebanyak 919 perkara pelanggaran lalu lintas diserahkan Polres Labuhanbatu untuk disidangkan di PN Rantauprapat. Namun hingga saat ini, belum diketahui jumlah putusan yang dihadiri oleh pelanggar ataupun kuasanya. “Sekitar 900-an perkara yang disidangkan. Belum tau berapa yang diputus dengan dihadiri pelanggar dan berapa yang diputus secara verstek,” kata Fitriadi singkat.

Menurut Fitriadi, diriya baru pertama sekali ditunjuk sebagai Hakim yang memeriksa perkara pelanggaran lalu lintas. Oleh sebab itu, dirinya tidak dapat memastikan perkara pelanggaran lalu lintas di PN Rantauprapat pernah digelar atau tidak. “Pastilah disidangkan. Kalau itu gak tau saya. Kebetulan saya baru ini menyidangkan perkara Tilang,” sebut Fitriadi.

Anehnya, jumlah perkara yang disebutkan oleh Hakim Fitriadi itu tidak ditegaskan oleh Panitera Kalipode Hasibuan. Menurutnya, mereka tidak memiliki data jumlah berkas perkara pelanggaran lalu lintas yang diserahkan oleh Polres Labuhanbatu. “Belum tau, nantilah, ini masih dihitung. Tanyalah bagian Pidana,” kata Kalipode saat disebutkan, Polres Labuhanbatu tidak melakukan serah terima barang bukti kepada PN Rantauprapat.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Rantauprapat Mahrujar saat dikonfirmasi menjelaskan, jumlah slip tilang yang sudah diserahkan kepada kejaksaan sebanyak 614 tilang, pelanggaran yang terbanyak dilakukan pengendara sepeda motor. Ia menjelaskan, sebanyak 497 sepeda motor, mobil 72 perkara, roda mobar sebanyak 33 perkara dan truk sebanyak 12 perkara, dan sisanya 305 slip tilang masih berada di PN Rantauprapat. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.