Beranda ›› Foto & Video ›› BPM Dan KPP Gelar Sosialisasi Pajak

BPM Dan KPP Gelar Sosialisasi Pajak

Gunungsitoli, suarasumut.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), PP, KB dan Pemdes Kota Gunungsitoli bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga mengadakan Sosialisasi Kewajiban Perpajakan terkait penggunaan Dana Desa. Sosialisasi dilaksanakan di lantai II, Aula Samaeri, kantor Walikota Gunungsitoli, jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Senin (8/6).

Mewakili Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, Sekda Kota Gunungsitoli Drs. Edison Ziliwu, MM mengatakan, sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi, dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman kepala desa se-Kota Gunungsitoli terkait tata cara pemotongan/pemungutan pajak atas pengelolan dana desa.

Menurut Sekda, pajak merupakan sumber pendapatan terbesar negara yang selanjutnya akan dimanfaatkan sebagai salah satu sumber untuk membiayai pelaksanaan pembangunan di desa.

Maka dengan diterbitkannya UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, telah memberikan perubahan yang mendasar terhadap desa karena desa memiliki posisi yang strategis dalam pembangunan. Undang undang tersebut telah memberikan keleluasaan dan kewenangan kepada Kepala Desa untuk mengatur dan mengurus rumah tangga sendiri sehingga bisa mandiri. Diantaranya penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan, pengelolaan keuangan dan pemberdayaan masyarakat.

Tidak lupa dia memberitahu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, mulai Tahun 2015 pemerintah telah mengalokasikan Dana Desa untuk masing-masing Desa di setiap Kabupaten/Kota termasuk didalamnya Kota Gunungsitoli sebagai salah satu Kabupaten/Kota penerima Dana Desa.

Hal tersebut akan memberi harapan baru bahwa untuk mempercepat peningkatan pembangunan di desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangn potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan yang berkelanjutan.

Pengelolaan Dana Desa dilakukan sesuai tahapan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan. Penatausahaan, pelapoan dan pertanggungjawaban. Salah satu kewajiban dalam pengelolaan dana adalah Kepala Desa dan perangkat desa wajib melakukan pemotongan/perhitungan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada acara sosialisasi, diketahui jika materi sosialisasi diawali Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I KPP Pratama Sibolga Marihot Mangasi Sianipar, selanjutnya dilakukan perwakilan Account Representative Vicmel Binaturen Pakpahan dan Natal Saut Mangirim Sitompul, serta dari seksi Ekstensifikasi Perpajakan Winston Parsaroan Pardede.

Yang hadir mengikuti sosialisasi adalah, kepala desa se Kota Gunungsitoli, Kepala BPM, PP, KB dan Pemdes Arham Dusky Hia.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.