Beranda ›› Foto & Video ›› BKKBN Laksanakan Kegiatan KONTAP Vasektomi/MOP Di Tapteng

BKKBN Laksanakan Kegiatan KONTAP Vasektomi/MOP Di Tapteng

Tapteng, suarasumut.com – Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatra Utara memberikan pelayanan Kontrasepsi Mantap (Kontap) Vasektomi/Medis Operasi Pria (MOP) secara gratis melalui BKKBD Tapanuli Tengah (Tapteng) ke pelosok-pelosok dengan menggunakan MUP KB(Mobil Unit Pelayanan KB) yang ada di tiap kecamatan. Pelayanan tersebut diadakan dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi pria yang di kenal dengan sebutan vasektomi.

Pelayanan vasektomi/MOP yang bekerjasama dengan IBI ( Ikatan Bidan Indonesia) PLKB (Petugas Lapangan KB)Tapteng dengan menfasilitasi melaui MUP KB tepatnya di rumah bidan Marlise Sihombing, Kamis,(21/8) Kecamatan Sorkam – Gotting Mahe Desa Pargarutan.

Kepala Bidang Program KB Tapteng, Ny.Dondaria Hutabarat, sangat berharap dengan adanya pelayanan MOP ini, keharmonisan keluarga dapat terjaga dengan baik, serta bekualitas bagi masa depan anak-anak kedepanya jauh lebih baik di daerah Tapteng dan dapat di pahami bagi masyarakat betapa pentingnya KB bagi keluarga yang menuju kesejahteraan.

Seorang Koordinator lapangan yang bertugas pada saat pelayanan dari provinsi sumut Herman Nainggolan mengatakan, sekarang bagaimana kita menyadarkan warga pelosok agar bepikir secara modern,ungkapnya lagi dengan semangat motivasi terhadap peserta MOP.

“Kalau istilah kita dulu banyak anak banyak rezeki, pertumbuhan penduduk dengan luas wilayah sangat tidak sebanding lagi banyak anak kalau kita tidak sanggup membiayai kebutuhan, itu sama dengan mencelakai melantarkan anak atau dosa bagi masa depan keluarga,”ujarnya.

Katanya lagi, petugas yang menangani pada saat MOP ini merupakan dokter senior yang sangat berpengalaman dibidangnya yaitu, dr.Syafi’i.

“Kami datang yang bertugas dari provsu ke tempat ini hanya berkisar 6 orang yang di ketuai Darwin Naibaho,Sofia Harahap, sebagai wakil ketua koordinator lapangan Safaruddin Siregar, R.Ginting, Muliono, dr.Safi’I dan saya Herman Nainggolan, selama empat hari ini kami telah melayani berkisar 60 peserta MOP di empat kecamatan kabupaten Tapteng,” kata Nainggolan.

Suatu keajaiban terjadi terhadap peserta MOP, yang mengaku bernama Bistok Simatupang, bapak dari dua anak tersebut mengakui sebelum operasi yang sedang akan dijalaninya dia berbicara agak gagap,”tapi setelah saya jalani MOP ini ungkapnya saya jadi heran kok jadi bisa berbicara lancar seperti biasa tidak gagap.

Bistok juga mengatakan sebelumya saya terserang penyakit darah tinggi. Herman Nainggolan yang bertugas membenarkan hal tersebut, saat mendata Bistok kami sangat kesulitan menghadapi nya secara vokal, tapi dengan dijalinnya Kontab MOP ini, suatu kebanggan buat warga dan kami yang bekerja secara teliti,dan sangat juga membantu kesehatan masyarakat di Tapteng ini, tutupnya.(ph/ss/tt)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.