Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bea Cukai Gagalkan 3 Kontainer Miras Asal Singapore

Bea Cukai Gagalkan 3 Kontainer Miras Asal Singapore

Belawan | suarasumut.com  –  Pihak Bea Cukai Belawan berhasil melakukan penangkapan penyeludupan Miras yang berasal dari negara Singapura. Bea Cukai mengamankan tiga kontainer melalui pelabuhan Belawan International Container Terminal (BICT).

Keterangan yang dapat dihimpun, Senin (21/3) di Belawan menyebutkan, penyeludupan tiga kontainer berisi Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) terungkap setelah petugas Intelijen Bea Cukai mendapat info tentang penyalahgunaan dokumen impor yang dilakukan oleh perusahaan importir PT SI, dan selanjutnya melakukan upaya penggagalan di Pelabuhan BICT.

Puluhan ribu botol minuman keras (Miras) berbagai merek diamankan petugas Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Belawan, Jum’at (18/3) sore.

Karena saat pihak Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik kontainer,, ditemukan puluhan ribu botol minuman keras yang diperkirakan telah merugikan negara sekitar Rp5 miliar.

Menjawab konfirmasi wartawan, Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean Belawan, Lupi Hartono mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut terhadap kasus penyeludupan ketiga unit kontainer miras asal luar negeri tersebut.

“Terungkapnya kasus ini berdasarkan informasi dan analisa intelijen atas proses importasi,”kata Lupi Hartono.

Modus yang dilakukan importir sebutnya, yaitu dengan cara memberitahukan nama barang yang berbeda dengan manifest impor.

Namun setelah diperiksa ternyata tidak sesuai dengan isi kontainer, dan tindakan penyeludupan ini melanggar UU Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan yang telah diubah dengan UU No 17 tahun 2006. (ps/ss-md)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.