Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Bappeda Tapteng Gelar Koordinasi Pengembangan Inovasi Sistem Informasi Nelayan Pintar

Bappeda Tapteng Gelar Koordinasi Pengembangan Inovasi Sistem Informasi Nelayan Pintar

TAPTENG | suarasumut.com  –  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Bappeda Kab. Tapteng) menggelar Koordinasi Pengembangan Inovasi Sistem Informasi Nelayan Pintar (SINP) di Ruang Rapat Bappeda Kab. Tapteng, Selasa (08/05/2018).

Plt. Kepala Bappeda Kab. Tapteng Drs. Antonius Simanjuntak diwakilkan Sekretaris Tiurlina H. Sihite SP MM membuka koordinasi pengembangan inovasi SINP secara resmi.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu fungsi Bappeda Kab. Tapteng dalam melakukan penyusunan kebijakan daerah di bidang penelitian dan pengembangan khususnya inovasi daerah guna memberhasilkan visi dan misi Kab. Tapteng,” kata Sekretaris Bappeda Kab. Tapteng.

Sebelumnya, Kasubbid Inovasi dan Teknologi Bappeda Kab. Tapteng Rieffi Syahir Tumanggi Hutasuhut SH melaporkan bahwa Bappeda Kab. Tapteng menggelar koordinasi pengembangan inovasi SINP dimana SINP merupakan aplikasi yang dapat membantu para nelayan dalam menentukan daerah penangkapan ikan, mengetahui cuaca, dinamika laut, dan harga ikan.

“Tujuan dilaksanakannya koordinasi pengembangan inovasi Sistem Informasi Nelayan Pintar atau SINP ini untuk memberikan informasi dan pemahaman yang mendalam, khususnya bagi para nelayan tentang manfaat inovasi aplikasi SINP. Dengan menggunakan aplikasi SINP ini, nelayan dapat mengetahui daerah penangkapan ikan, kondisi cuaca perairan yang diupdate setiap hari oleh BMKG, daftar pelabuhan, dan daftar harga ikan tertinggi pada masing-masing pelabuhan,” kata Kasubbid Inovasi dan Teknologi Bappeda Kab. Tapteng.

Lanjutnya, aplikasi SINP ini dapat diperoleh dan digunakan pada telepon selular android atau smartphone. Dengan mengikuti koordinasi ini, para nelayan semakin bertambah luas wawasannya khususnya dibidang teknologi dan perekonomian. Kesejahteraan nelayan diharapkan meningkat dengan semakin efektif dan efisiennya penggunaan teknologi komunikasi dan informatika atau TIK oleh nelayan.

Koordinasi ini menghadirkan 2 (dua) narasumber, yaitu Narasumber dari Badan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Sofian Muji Permana ST dan Narasumber Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Tapteng Torang M. T. Tamba SstPi MM.

Dalam paparannya, Sofian Muji Permana ST menyampaikan aplikasi Sistem Informasi Nelayan Pintar (SINP) merupakan Sistem Informasi Kenelayanan yang dikembangkan KKP kurun waktu 2015 hingga 2017 melalui Pusat Riset Kelautan. KKP telah mengimplementasikan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin)/SisNeLY di 75 lokasi kabupaten/kota di Indonesia, yang tentunya terdapat sentra nelayan.

“KKP perlu mendorong perkembangan teknologi informasi kepada nelayan untuk mendukung aktifitas penangkapan ikan, sepeti keberadaan SINP sebagai salah satu Program Prioritas Nasional dalam tahun 2015-2019 demi terwujudnya 100 sentra nelayan yang terhubung dengan informasi Kelautan dan Perikanan di akhir 2019. Kedepan perlu dukungan dan sinergitas antar kementerian dan pihak provinsi maupun kabupaten/kota mengoptimalkan aplikasi SisNeLY,” ucap Sofian Muji Permana ST.

“Berbagai informasi yang ada pada aplikasi Nelpin meliputi PPDPI, perkiraan Bahan Bakar Minyak (BBM), informasi cuaca, gelombang, arah angin, informasi pelabuhan, dan informasi harga ikan,” kata Sofian Muji Permana ST menyampaikan paparannya.

Sofian melanjutkan Sistem Informasi Kenelayanan menghadirkan informasi PPDPI, penghitungan perkiraan kebutuhan BBM, laporan tangkapan, informasi cuasa, gelombang, arah angin, informasi pelabuhan, informasi nama-nama ikan dan harga ikan, serta fasilitas obrolan pada smartphone.

“Saudara-saudara nelayan, untuk menjalankan aplikasi-aplikasi itu dapat diunduh atau download dan instal melalui Playstore di HP Android saudara. Ketik kata Si Kenelayan pada Playstore,. Selanjutnya, para nelayan setelah mengikuti acara ini lebih familiar dan merasa dimudahkan dalam mengakses informasi untuk mendukung aktifitas penangkapan ikan, membantu mengurangi biaya operasional kegiatan penangkapan ikan, serta membantu meningkatkan produktifitas nelayan sehingga diharapkan kesejahteraan nelayan akan meningkat,” ujarnya.

Adapun Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Tapteng Torang M. T. Tamba SstPi MM memaparkan judul paparan Pemanfaatan TIK untuk Menjadikan Nelayan Modern di Kab. Tapteng. Komitmen pemerintah untuk nelayan go online dimulai dengan perjanjian kerjasama tentang penyediaan dan pemanfaatan teknologi informasi da komunikasi (TIK) di sektor Kelautan dan Perikanan, yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP dan Sekjen Kementerian Kominfo di Kantor KKP Jakarta.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Tapteng menyampaikan kondisi umum infrastruktur TIK di Kab. Tapteng dan tantangan kemajuan TIK.

Pada kesempatan itu, para peserta koordinasi pengembangan inovasi SINP memperoleh Buku Manual penggunaan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) oleh narasumber yang dibagikan panitia pelaksana kegiatan.

Turut hadir pada acara ini mewakili OPD teknis terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) dan para nelayan dari Kecamatan Badiri, Pandan, dan Sorkam. (ril ip/ss-tt)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.