Beranda ›› Foto & Video ›› Asosiasi ADAI Go Internasional, Adakan Konferensi Dan Kerjasama Universitas Di Malaysia

Asosiasi ADAI Go Internasional, Adakan Konferensi Dan Kerjasama Universitas Di Malaysia

Medan | suarasumut.com  –  Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI) kerjasama dengan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Melaka Kampus Alor Gajah adakan Konferensi Internasional yang bertajuk tentang International Accounting Seminar and Intelectual Discourse yang bertempat di Ruang Dewan Bendahara UiTM KAG, Kamis (25/4/2019)

Prof. Madya Dr. Shafinar Binti Ismail yang mewakili Rektor UiTM menyampaikan rasa terimakasih atas terlaksananya konferensi ini.

“Shafinar menyatakan penyelenggaraan konferensi ini bertujuan untuk menciptakan forum diskusi yang mendalam sekaligus pertukaran informasi tentang akuntanasi,” ujarnya.

Sementara Dr Arfan Ikhsan Lubis Ketua ADAI dalam sambutannya mengatakan pentingnya konferensi dan kerjasama internasional bagi dosen-dosen untuk memperkaya keilmuan dibidang akuntansi.

“Karena dengan akuntansi kita dapat mengidentifikasi, mengukur, dan mengomunikasikan informasi keuangan yang menyangkut suatu entitas untuk membuat suatu keputusan,” pungkas Arfan.

Seorang akuntan juga memiliki tugas utama untuk memberikan informasi dalam membantu para pengguna membuat keputusan.

Acara seminar ini menghadirkan pembicara utama dari Malaysia dan Indonesia, Dr. Rani Diana Othman (UiTM), Dr. Arfan Ikhsan Lubis (Unimed) dan Dr. Muhyarsyah (STIE Al Ulum)

“Dr. Muhyarsyah dalam paparannya berharap dalam konferensi ini dapat membuka wawasan profesi akuntan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan perkembangan situasi ekonomi saat ini,” katanya.

Hendra Harmain yang ikut serta dalam konferensi ini memaparkan tentang Implementasi Surah Al-Baqarah 282 Pada Pertanggungjawaban Laporan Keuangan Masjid

“Menurut Hendara, Surah Al Baqaroh 282 merupakan arahan sekaligus bukti terkuat bahwa Islam adalah risalah yang sangat mendorong untuk tertib adminstrasi dan transparansi. Semua transaksi terlebih lagi yang future delivery, harus ditulis secara benar dan detail,” paparnya.

Untuk itu perlu diberikan pelatihan dalam pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi kepada para bendahara masjid.

“Diakhir paparannya, ia menyampaikan dengan adanya konferensi ini bisa membuka wawasan baru dalam kajian –kajian akuntansi,” tandas Hendra Harmain yang juga Sekjen Asosiasi ADAI.

Acara ini dihadiri para mahasiswa UiTM dan utusan dari Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, IANS Lhokseumawe, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Medan Area, STIE Sultan Agung, STIE Dharma Putra, STIE Al Ulum, STAIS J.M Tanjung Pura, Universitas Malikussaleh dan mahasiswa program Pascasarjana, program Studi Magister Akuntansi Universitas Negeri Medan.

Dimana sehari sebelumnya, Rabu (24/4/2019) rombongan Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI) dan Kolej Islam Teknologi Antarabangsa (KITAB) Pulau Pinang melakukan penandatanganan kerja sama yang diterima langsung oleh Rektor KITAB Pulau Penang Malaysia, Prof Dato’ Dr Mustapa bin Kassim. (js/ss-md)

Lihat Juga

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Waskita Kembangkan Teknologi IoT dan Wearable Device HoloLens Di Proyek

Jakara | suarasumut.com  –  Bisnis sektor konstruksi saat ini tidak lepas dari perkembangan revolusi industri …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.