Beranda ›› Headline ›› API Labuhanbatu Tuding Proyek Pembangunan Gedung Dispendasu Di Rantauprapat Sarat Penyimpangan

API Labuhanbatu Tuding Proyek Pembangunan Gedung Dispendasu Di Rantauprapat Sarat Penyimpangan

Labuhanbatu, suarasumut.com – Pembangunan proyek kantor Dinas Pendapatan Daerah Sumatera Utara yang bernilai Rp 5,695.990.000 bersumber dari APBD Tingkat I Sumatera Utara T.A 2014 disinyalir menyimpang.

Pasalnya, berdasarkan surat UPT. Dipendasu Rantauprapat Tahun 2013 yang ditujukan kepada Dishub Rantauprapat menjelaskan telah ditandatangani kontrak pembangunan gedung yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2013, namun pelaksanaannya direalisasikan di tahun 2014, hal ini bertentangan dengan Perpres no 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa.

Akibatnya, pihak pelaksana PT.Dwi Tunggal Bersama telah mengkangkangi peraturan yang ada, sementara UPT Dipenda selaku kuasa pengguna anggaran dinilai ikut bekerjasama dalam hal penyimpangan tersebut.

Selain itu, pekerjaannya yang dilakukan pihak rekanan juga terkesan tertutup, hal ini tentunya melanggar UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Hal ini disampaikan Agus Dasopang Ketua Presidium Aliansi Penyelamatan Indonesia Labuhanbatu melalui badan kehormatan API Bung Nasty kepada sejumlah media di Rantauprapat kemarin.

“Seyogianya dalam pelaksanaan proyek ini pihak rekanan dan dinas terkait harus tranparan dan jangan menutup-nutupi kepada publik, kami dari Aliansi Penyelamatan Indonesia (API) akan terus mengawasi dan memantau jalannya pelaksanaan proyek teraebut,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan kalau pelaksanaan proyek tersebut di tahun 2013 senilai Rp 4 Milyar, namun yang terjadi pelaksanaan proyek itu, bertambah biayanya hingga Rp 1,6 Milyar lebih, kalau pun adanya penambahan berdasarkan Perpres 54 hanya 10 persen.

Menurut Agus, pembangunan proyek yang kontraknya sudah ditandatangani seharusnya dilaksanakan di tahun 2013, jika ini diteruskan maka berpeluang adanya indikasi penyalahgunaan wewenang dan korupsi.(ta/ss/ra)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.