Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah

Sergai, suarasumut.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar (Perindagsar) menggelar pasar murah yang langsung ditinjau Bupati Ir. H. Soekirman di Dusun III Sei Mulyo Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Jumat (3/7).

Turut mendampingi Bupati Sergai Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno MM, Kadis Perindagsar Drs. H. Rifai Bakri Tanjung MAP, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kabag Perekonomian, Camat Sei Bamban dan jajarannya.

Dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bahwa pasar murah yang digelar secara rutin pada bulan Ramdhan ini juga merupakan program nasional yang dilakukan di seluruh daerah se-Indonesia. di Kabupaten ini pasar murah digelar bertujuan mewujudkan kepedulian sosial dan berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu, selain itu juga untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan menjelang lebaran.

Pasar murah ini antara lain menjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng gula, tepung terigu, margarin dan syrup dengan harga dibawah pasaran. Beras harga dipasaran Rp.96.000,-/10 kg menjadi Rp.86.000,-/10 kg, minyak goreng Palmanco kemasan dari Rp.10.000,-/liter menjadi Rp.8000,-/liter, Blueband cup dari Rp.10.000,-/cup menjadi Rp.8.500,-/cup dan Blueband sachet dari Rp.6.000,-/ sachet menjadi Rp.5.000,-/ sachet.

Sedangkan untuk gula pasir dari Rp.13.000,-/kg menjadi Rp.11.000,-/kg, tepung terigu segitiga biru kemasan dari Rp.10.000,-/kg menjadi Rp.8.000,-/kg, tepung terigu dari Rp.8.000,-/kg menjadi Rp.6.000.-/kg serta syrup Pohon Pinang dari Rp.15.000,-/botol menjadi Rp.13.000,-/botol dan Kurnia dari Rp.16.000,-/botol menjadi Rp.14.000,-/botol, jelas Bupati Sergai.

Untuk itu diharapkan kepada masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat hendaknya mensyukuri hal ini karena dapat meringankan sedikit beban pemenuhan kebutuhan hidupnya. Oleh karenanya dihimbau agar masyarakat tertib dan tidak berdesak-desakan dalam membeli barang-barang yang dijual di pasar murah ini.

Kepada dinas terkait juga dihimbau agar tidak memperbolehkan masyarakat membeli dalam jumlah yang banyak, hal ini bertujuan agar semua masyarakat sekitar juga dapat memperolehnya serta untuk menghindari penimbunan barang di salah satu pihak yang nantinya akan dijualnya kembali dengan harga normal, pungkas H. Soekirman.

Sebelumnya Kadis Perindagsar Drs. H. Rifai Bakri Tanjung MAP melaporkan bahwa pasar murah ini akan digelar selama tiga kali di tiga tempat yang berbeda sejak Jumat (3/7), Senin (6/7) dan Selasa (8/7) yakni Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan dan Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.