Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Anggota Forkopimda Dan Panitia Hut RI Kota Gunungsitoli Dikukuhkan

Anggota Forkopimda Dan Panitia Hut RI Kota Gunungsitoli Dikukuhkan

Gunungsitoli, suarasumut.com — Wakil Walikota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato mengukuhkan Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Gunungsitoli. Bersamaan dengan pengukuhan anggota Forkominda Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli juga mengukuhkan panitia pelaksana HUT ke-70 Proklamasi Republik Indonesia.

Pada acara pengkuhanyang digelar di Aula Samaeri lantai II, Kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Senin (6/7), Wakil Walikota Gunungsitoli memberitahu, sebelumnya Forkopimda di kenal dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), kemudian Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Namun, dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, pada pasal 26 ditetapkan untuk menseragamkan dengan istilah Forkopimda. Istilah tersbut berlaku di seluruh Indonesia.

Forkopimda menurut Aroni, adalah Forum tertinggi di Pemerintahan Daerah yang dapat melaksanakan rapat-rapat koordinasi lintas sektoral dan mengambil kebijakan dalam penyelesaian masalah-masalah yang dapat mengganggu kepentingan umum dan menyelesaikan konflik-konflik yang berdampak luas.

Tujuan Forkopimda adalah:

1. Mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mensinkronisasikan pelaksanaan tugas dan aparatur pemerintah di wilayah Kota Gunungsitoli secara berdaya guna dan berhasil guna;
2. Melakukan penilaian atas intensitas dan eksensitas gangguan ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat serta menentukan langkah-langkah yang dipandang perlu, baik yang bersifat pencegahan maupun penanggulangannya;
3. Menentukan sistem dan tatacara pengamanan pelaksanaan kebijaksanaan pemerintah guna mewujudkan stabilitas guna mewujudkan stabilitas dalam rangka mensukseskan pembangunan dan;
4. Menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Walikota dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta stabilitas daerah bagi kelancaran pembangunan.

Tidak lupa dia menerangkan, bersamaan dengan acara pengukuhan anggota Forkopimda Kota Gunungsitoli, dia juga mengukuhkan panitia Hut ke-70 Kemerdekaan RI yang bertema “AYO KERJA”.

Tema tersebut memotivasi seluruh masyarakat untuk bekerja sesuai dengan tupoksi kita masing-masing, dengan tujuan yang sama yaitu mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat dan sejahtera.

Pada acara pengkuhan tersebut, terlihat hadir Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM, mewakili Kapolres Nias Kassubbag Bin Ops AKP Fas Gulo, mewakili Dandim 0213 Kasdim Mayor T.Barus, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nelson Angkat, dan pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.