Beranda ›› Headline ›› Anggaran Makan Tahanan Diduga Tak Pernah Disalurkan

Anggaran Makan Tahanan Diduga Tak Pernah Disalurkan

Rantauprapat, suarasumut.com – Anggaran makan tahanan kejari Rantauprapat yang bersidang di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat diduga tak pernah disalurkan oleh pihak kejaksaan. Karena hingga sampai saat ini pantauan suarasumut.com kalau para tahanan yang bersidang tak pernah dikasih makan.

Kasi Intel Efran Ependi Yudi Arianto saat dikonfirmasi suarasumut.com diruang kerjanya, Selasa (7/7) mengatakan atas hal itu, seharusnya yang memberikan makan pada tahanan adalah pihak dari Hakim, dikarenakan tahanan tersebut adalah tahanan Hakim yang ingin bersidang di PN tersebut.

“Kalau tahanan yang sudah dipengadilan itukan sudah tahanan Hakim,kenapa pula kami yang kasi makan itukan tahanan hakim, memang secara fisik kami yang diperintahkan hakim untuk mengambil tahanan dari LP.Namun secara Yuridis itu tahanan Hakim,”kata Efendi.

Dijelaskannya,jika yang dikatakan tahanan kejari itu setelah polres membuat tahap dua pada kejaksaan sehingga itu yang disebut tahanan kejaksaan.

“Kalau sudah namanya Terdakwa, itu sudah tahanan Hakim,mana pula tahanan jaksa, kan terdakwa sudah sidang jadi itu tahanan Hakim,”sebut Efendi.

Sementara Humas PN Rantauprapat R Aji Suryo,SH MH membantah kalau anggaran makan terhadap tahanan bukan menjadi tanggung jawab mereka. “Ah..ada aja Kasi intel itu mereka lah yang kasi makan kenapa pula kami kan kami hanya memerintahkan untuk memerintahkan jaksa melakukan penetapan, kalau untuk tahanan itu urusan jaksa ,seperti contoh kalau ada tahanan kota yang mantau itu jaksa kalau keluar dari kota yang dimaksud,”terang Aji.

Untuk diketahui salah satu keluawarga terdakwa yang mengunjungi PN Rantauprapat mengesalkan atas pelayanan yang dilakukan terhadap terdakwa.

Karena menurutnya sebelum keluwarganya masuk ke juruji besi, ia juga pernah mempunyai keluwarga lainnya yang tersandung kasus hukum. “Dulu ada juga keluwarga yang masuk sel, tapi saat disidang siangnya dikasih makan, kenapa saat ini tidak dikasih makan,apa memang sudah tak disalurkan lagi anggaran itu,”sebut BRS.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.