Beranda ›› Headline ›› Anggaran Dana Desa Selat Beting Labuhanbatu Perlu Diusut

Anggaran Dana Desa Selat Beting Labuhanbatu Perlu Diusut

Panai Tengah | suarasumut.com  –  Anggaran Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat memang sangat rentan dengan penyimpangan dalam pengelolaannya. Sementara itu, para Kepala Desa selaku kuasa pengguna anggaran seolah-olah hilang kendali dalam menggunakan anggaran yang berjumlah fantastis tersebut.

Akibatnya, banyak ditemui penyimpangan serta pelanggaran dalam pelaksanaan serta pengelolaan Dana Desa (DD), sehingga Negara dirugikan Milyaran rupiah.

Salah satu dari sekian banyak penyimpangan tersebut diduga kuat dilakukan Kepala Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Dari penelusuran yang dilakukan tim investigasi beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat ke Desa Selat Beting, ditemui adanya kejanggalan dalam pengelolaan Dana Desa yang baru cair sekitar 60 persen dari total anggaran Rp 900  juta rupiah lebih.

Menurut keterangan beberapa warga menyebutkan, kalau anggaran yang dikelola Kades ternyata tidak transparan, contohnya dalam pengerjaan fisik yang asal-asalan, serta tidak melibatkan komponen masyarakat setempat.

“Setahu saya kalau Dana Desa ini harus transparan dalam pengerjaannya, serta melibatkan masyarakat setempat, bukannya masyarakat luar desa , ini lah jadinya kalau Kepala Desa nya lebih mementingkan keuntungan pribadi ketimbang kesejahteraan masyarakatnya,”ungkap salah seorang Tokoh masyarakat saat dilokasi pengerjaan pengerasan jalan.

Rasyid Kepala Desa Selat Beting yang belum dapat dikonfirmasi terkait persoalan ini, ditambah lagi jarang berada di tempat . Menanggapi hal ini, Ramses Sihombing Pemerhati Masyarakat Labuhanbatu angkat bicara, Ia mengatakan, kalau Pemerintah seharusnya melakukan evaluasi serta pengawasan terhadap Kepala Desa selaku pengguna anggaran, bukan hanya menerima laporan dibelakang meja.

“Seharusnya Pemerintah lebih tanggap dalam melakukan pengawasan, sehingga anggaran Dana Desa ini tepat sasaran, bahkan ironisnya anggaran Dana Desa ini pernah saya dengar dibelikan Kades Mobil, kebun sawit, dan ada yang beristri baru,”pungkas Ramses.(ta/ss-lb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.