Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Amira Bersama Pimpinan DPRD Tapteng Sambangi Home Industry Duren

Amira Bersama Pimpinan DPRD Tapteng Sambangi Home Industry Duren

Tapteng | suarasumut.com  –  Industri rumah tangga (home industry) dari hasil bumi berupa durian (duren) mulai di kerjakan masyarakat kelurahan Sipange kecamatan Tukka kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Hal itu tampak pada saat masing-masing ibu rumah tangga berkesempatan mengerjakannya bila musim durian mulai marak.

Delita Siahaan ibu rumah tangga selaku pengolah usaha durian di kelurahan Sipange itu mengatakan, dalam metode pekerjaan yang dilakukan mengupas daging durian hingga terpisah bersih dari biji durian. Alat yang digunakan itu berupa keranjang diayak menggunakan satu tangan yang disangga dengan alat penampung durian tersebut

Setelah daging durian terpisah dari bijinya, selanjutnya ibu rumah tangga itu mengkemasi dalam plastik, ditimbang dan dibekukan didalam kulkas dalam hitungan jam.

“Kalau satu baris tempatnya kurang lebih lamanya 3 jam harus dibekukan, kemudian dipindahkan ke tempat lain. Kalau hasil daging durian yang dikerjakan ini kadang mencapai 300 kilogram per harinya,” kata Delita sambil mengawasi para karyawannya yang bekerja hingga malam sekira pukul 23.00 Wib yang mempekerjakan terkadang kurang lebih 30 karyawannya.

Delita menceritakan, home industri yang dikelola itu berawal dari sanak saudaranya yang telah bekerja dari luar daerah dengan mempersentase bahwa kegunaan daging durian itu sangat bermanfaat sebagai tambahan usaha untuk dikirim ke Kota Medan.

“Berkat ajakan keluarga, dalam musim durian ini baru dua kali kami lakukan ini. Hasil olahan ini nantinya akan di kirim ke Medan yang diolah nanti untuk menjadi bahan makanan ringan yang berbahan dasar dari durian seperti, ice cream durian, pancake durian, dan lain-lain,”ucapnya.

Dikesempatan itu, rombongan calon bupati Amin Pardomuan Napitupulu, SH MH dari paslon Amira (Amin-Ramses) yang didampingi pimpinan anggota DPRD Tapteng Darma Bhakti Marbun dan Awaluddin Rao ST meluangkan waktu menyambangi pekerja home industry setelah acara yang dilakukan masyarakat TSP Sipange yang berjudulkan satu jam bersama Amira .

“Tidak apa-apa bu, silahkan lanjutkan pekerjaan kalian,” kata Amin seketika ibu-ibu rumah tangga ini ingin berkesempatan juga menyalami para rombongan yang datang.

Amin mengatakan, cara yang dilakukan ibu-ibu tersebut merupakan pekerjaan yang mulia mempunyai karya berkesempatan mengolah hasil tumbuhan sebagai tambahan rumah tangga.

“Ini yang perlu di kembangkan, doa kan ibu Amira menang. Dengan ini, akan kita kelolah dan kita bantu usaha seperti ibu-ibu yang kerjakan ini,” singkat Amin.

Wakil Ketua DPRD Tapteng Awaluddin Rao ST mengungkapkan akan sepakat memplot anggaran daerah sebagai pengembangan usaha di Kabupaten Tapteng ini.

“Nanti, akan kita plot anggaran untuk home industri ini, ini akan kami diskusikan dengan bapak Amin. Dukung dan doa kan Amin biar menang,” kata Rao yang diamini Darma terhadap home industi yang bekerja.

Tidak lama kemudian, rombongan paslon Amira bergegas meninggalkan lokasi home industry sekira pukul 23.00 Wib. (ph/ss-tt)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.