Beranda ›› Headline ›› Alat Kelengkapan DPRD Belum Terbentuk, Labuhanbatu Terancam Tak Miliki PAPBD 2014

Alat Kelengkapan DPRD Belum Terbentuk, Labuhanbatu Terancam Tak Miliki PAPBD 2014

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Kabupaten Labuhanbatu terancam dua tahun berturut-turut tanpa memiliki Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD). Alasannya, hingga saat ini kebijakan umum anggaran (KUA-PPS) belum dilakukan pembahasan di Lembaga Legislatif setempat.

“Terancam Labuhanbatu tak punya PAPBD lagi. Setelah tahun 2013 lalu tak memiliki PAPBD, tahun 2014 ini juga potensi terulang kembali,” ungkap Thamrin Nasution, Ketua Forum Masyarakat Desa Pantai (Formadep) Labuhanbatu, Kamis (9/10) di Rantauprapat.

Kekhawatirannya bukan tak beralasan. Karena, kata Thamrin, hingga saat ini unsur pimpinan dan kelengkapan di DPRD Labuhanbatu sendiri belum permanen dibentuk. Sehingga, tahapan-tahapan pengesahan keuangan Pemkab Labuhanbatu sama sekali tidak dapat dilakukan. “Kan, karena DPRD belum punya unsur pimpinan. Serta belum memiliki kelengkapan dewan, sehingga belum dapat dilakukan pembahasan RPAPBD,” ulasnya.

Tambah dia, padahal untuk pengesahan neraca keuangan itu, mesti melalui serangkaian kegiatan di Legislatif. Misalnya, pembahasan di tingkat badan musyawarah (Bamus) dan badan anggaran (Banggar).

Memang menurutnya, pada kondisi tertentu tidak mengharuskan adanya PAPBD keuangan suatu daerah. Sepanjang, tidak terjadinya perubahan signifikan neraca keuangan APBD pada tahun buku tersebut.

Meski demikian, mengingat butuhnya penganggaran keuangan untuk pembangunan daerah, khususnya mengalokasikan dana pembangunan pesisir Labuhanbatu, pihak Formadep, katanya mendukung dan mengharapkan pihak Legislatif agar profesional dalam melakukan pembahasan seluruh tahap.

Sementara itu, Ketua DPRD Labuhanbatu Sementara Dahlan Bukhori mengakui jika hingga saat ini pihaknya belum dapat melakukan pembahasan RAPBD Labuhanbatu TA 2014. Alasannya, hingga kini elemen dari unsur pimpinan dan kelengkapan sama sekali belum terbentuk.

Menurutnya, tahapan untuk pembentukan alat kelengkapan diawali dari terbentuknya fraksi-fraksi di DPRD. Selanjutnya, partai politik melalui fraksi mengusulkan nama-nama yang akan dijadikan pimpinan defenitif. “Tapi, sampai saat ini masih dua partai yang menyerahkan berkas pembentukan fraksi. Kemungkinan Senin (13 Oktober 2014) mendatang akan dilakukan pembentukan fraksi,” jelasnya.

Kata dia, setelah terbentuknya fraksi-fraksi pada tahapan selanjutnya akan dilakukan pembentukan alat kelengkapan Dewan. “Termasuk pembentukan Komisi, Bamus dan Banggar,” jelasnya.

Dahlan mengakui, pembahasan KUA PPAS PAPBD TA 2104 sempat terlambat dilakukan oleh kalangan DPRD periode sebelumnya. Alasannya, ketika itu belum selesainya eksaminasi LKPj Bupati TA 2103. “Sehingga pada KUA PPAS sebelumnya tidak diketahui berapa besaran Silpa yang ada. Tapi sekarang dalam KUA PPAS sudah terdapat Silpa, hanya saja belum dapat dilakukan pembahasan karena belum adanya kelangkapan dewan,” paparnya.

Dahlan mengakui jika untuk TA 2014 ini, Kabupaten Labuhanbatu mesti memiliki PAPDB. Alasannya, terkait wacana pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Langsung tahun 2015. “Karena pada tahun 2014 sudah memasuki pelaksanaan beberapa tahapan-tahapan Pilkada. Sehingga anggaran pendanaannya yang tak teralokasi pada APBD TA 2014 dapat ditampungkan dalam PAPBD 2014,” jelasnya.

Menurutnya, tahapan Pilkada yang dilakukan pada Tahun 2014 tersebut diperkirakan membutuhkan dana Rp3 miliar. “Tahapannya butuh Rp3 miliar,” jelasnya seraya menambahkan untuk penganggaran dana Pilkadasung selanjutnya akan ditampung pada APBD TA 2015 mendatang. “Untuk dana pelaksanaan Pilkada sendiri mesti ditampung pada APBD TA 2015 mendatang,” paparnya.

Dahlan optimis jika pengesahan RAPBD TA 2014 dapat dilakukan oleh pihak Legislatif. Sebab, mengingat tenggang waktu yang masih tersedia memungkinkan pihak Dewan untuk mengejarnya. “Mengingat waktu yang masih tersedia, kemungkinan kita masih dapat mengejar pengesahannya,” tandasnya.(ao/ss/rp)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.