Beranda ›› Foto & Video ›› 98 Desa Di Kota Gunungsitoli Akan Terima Dana Desa

98 Desa Di Kota Gunungsitoli Akan Terima Dana Desa

Gunungsitoli, suarasumut.com — Sebanyak 98 Desa di Kota Gunungsitoli akan menerima dana desa dari pemerintah pusat tahun 2015. Hingga kini Pemerintah Kota Gunungsitoli belum melakukan menggelar Bimtek dan Pelatihan pedoman penyusunan APBDesa, akibat dana Bimtek dan pelatihan belum dianggarkan pada APBD tahun 2015.

Kepala BPM Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia yang ditemui wartawan di kantor BPM Kota Gunungsitoli, Senin (20/4), membenarkan jika seluruh desa yang berjumlah 98 di Kota gunungsitoli akan menerima dana desa. Dana desa untuk Kota Gunungsitoli yang telah dianggarkan dari APBN tahun 2015 adalah sebesar Rp 27.854.226.000. Namun yang telah direalisasikan sesuai ketentuan peraturan menteri keuangan (PMK) baru sebesar Rp 7 milliar.

Menurut Arham, tiap desa di Kota Gunungsitoli akan menerima dana desa bervariasi dari Rp 270 juta hingga mencapai Rp 315 juta. Besarnya dana desa yang diterima setiap desa , ditentukan berdasarkan jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin penerima kartu penjamin sosial, dan indeks kesulitan wilayah geografis suatu desa.

Terkendala Anggaran

Kepada wartawan, Arham menjelaskan, agar dana desa dapat dibagi, harus ada beberapa tahapan yang dilakukan pemerintah Kota Gunungsitoli sebelumnya, yakni persiapan dengan menyiapkan regulasi penetapan dana desa masing masing desa, menyiapkan beberapa peraturan tentang pedoman penyusunan peraturan desa, pedoman penyusunan APBDesa, penguatan kelembagaan melalui Bimtek dan pelatihan, perencanaan pembangunan desa (RPJMDes dan RKPDes) dan lain sebagainya.

Namun, tahapan tersebut masih belum bisa dilaksanakan, karena terkendala pendanaan. Dimana dana untuk pelaksanaan tahapan tersebut belum dianggarkan pada APBD Kota Gunungsitoli tahun 2015, dan baru dianggarkan pada P-APBD tahun 2015 ke depan.

Akibat belum bisa dilaksanakan tahapan tersebut, Pemerintah Kota Gunungsitoli belum bisa memastikan kapan pencairan dana untuk tiap desa dilakukan, dan berharap dana tersebut dapat dicairkan tahun ini setelah semua tahapan dilakukan.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.