Beranda ›› Foto & Video ›› 98.868 Warga Kota Gunungsitoli Belum Miliki Akta Lahir

98.868 Warga Kota Gunungsitoli Belum Miliki Akta Lahir

Gunungsitoli | suarasumut.com — Hingga saat ini, sebanyak 98.868 penduduk Kota Gunungsitoli belum memiliki Akta Kelahiran. Warga Kota Gunungsitoli masih enggan untuk mengurus Akta Kelahiran, karena dianggap kurang penting.

Hal tersebut dikatakan epala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli Ya’aro Harefa, ketika ditemui wartawan di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (22/3).

Menurut Ya’aro, penduduk Kota Gunungsitoli berjumlah 152.261 jiwa, dan hingga saat ini yang telah memiliki Akta Kelahiran per Desember 2015 adalah sebanyak 55.393. Namun menurut dia, jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli 2011-2016 sebanyak 50 ribu.

Untuk mengurus Akta Kelahiran, Ya’aro mengimbau warga untuk datang sendiri dan tidak menggunakan calo, karena mengurus Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya di Disdukcapil Kota Gunungsitoli tidak memungut biaya atau gratis.

Apabila persyaratan surat yang ditentukan telah dipenuhi warga, maka Akta Kelahiran warga yang diurus di Disdukcapil paling lama siap 3. Dalam mendorong warga untuk mengurus Akta Kelahiran, Ya’aro mengakui jika Disdukcapil Kota Gunungsitoli mengalami kendala.

Salah satu kendalanya adalah akibat rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengurus Akta Kelahiran, sehingga untuk mengantisipasi hal tersbeut, Disdukcapil Kota Gunungsitoli melakukan pelayanan langsung dilapangan. Kendala lain masalah keterbatasan anggaran, akibatnya tidak dapat menambah jumlah alat/komputer guna pencetakan, sehingga membuat pelayanan menjadi kurang maksimal.(sw/ss-gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.