Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› 6 Desa Di Kabupaten Dairi Peroleh PPIP

6 Desa Di Kabupaten Dairi Peroleh PPIP

Dairi, suarasumut.com – Sebanyak 6 desa yang tersebar dibeberapa kecamatan di Kabupaten Dairi mendapatkan bantuan dana dari Program Pembangunan Infrakstuktur Permukiman (PPIP) 2014. Bantuan dana dari pemerintah pusat tersebut akan disalurkan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sekretaris Dinas Cipta Karya melalui Kasi Pemetaan, Jasmen Sihite mengatakan bahwa tahun anggaran 2014 ini ada enam desa yang mendapatkan bantuan PPIP namun pihaknya belum mengetahui secara pasti desa apa saja yang mendapat program tersebut.

“Tahun ini untuk regular pertama kita dapat 6 desa, namun belum diketahui desa apa saja karena kita hanya mengusulkan yang menentukan nanti dari pusat, intinya desa yang belum dapat kita upayakan tahun ini dapat program tersebut,”ujarnya.

Dikatakan Jasmen, program PPIP hampir sama dengan program PNPM Mandiri dimana pada dasarnya program PPIP tersebut bertujuan dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, terutama di wilayah pedesaan dan fokus program PPIP ini untuk peningkatan akses, kapasitas perencanaan dan pengembangan masyarakat dalam penyelenggaraan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Program PPIP ini banyak manfaatnya bagi pemerintahan desa, karena pelaksanaanya juga melalui swakelola. Kita berharap program ini terus berkesinambungan, agar manfaatnya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” kata Jasmen, Rabu (23/10)

“Kalau sebelumnya masing-masing desa mendapatkan bantuan Rp 250 juta, tahun ini baru Rp 100 juta. Tujuan utamanya untuk perbaikan infrastruktur pedesaan yang anggarannya merupakan bantuan langsung masyarakat dari APBN 2014,” ujarnya.

Dalam penyaluran dana tersebut akan langsung masuk ke rekening organisasi masyarakat setempat (OMS) yang telah dibentuk terlebih dahulu oleh masyarakat desa. Untuk pencairan dananya akan dilakukan sebanyak 3 kali dimana tahap pertama 40 persen, tahap kedua 30 persen saat pengerjaan fisik sudah mencapai 30 persen dan tahap ketiga 30 persen saat pengerjaan sudah mencapai 60 persen pengerjaan.

Ditambahkannya bahwa dalam sistem pengerjaannya dalam program PPIP ini tidak melalui tender atau dikontrakkan kepihak lain, tetapi pengerjaannya dan material pembangunannya langsung disediakan oleh masyarakat setempat dan dalam pelaksanaan pembangunan infrakstuktur, setiap desanya akan didampingi oleh tenaga ahli atau konsultan.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.