Beranda ›› Foto & Video ›› 589 Atlit Ikuti Karate Tebingtinggi Open Championship III

589 Atlit Ikuti Karate Tebingtinggi Open Championship III

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki), Mayjen (Purn) Lumban Sianipar membuka secara resmi Kejuaraan Karate Internasional Tebingtinggi Open Championship III 2016, Kamis ( 21/7/2016) di Gedung Olahraga (GOR) Asber Nasution diikuti 589 atlit berasal dari 7 Provinsi dan 18 kabupaten/kota.

Lumban Sianipar menyampaikan pesan Ketua Umum PB Forki Jenderal Gatot Nurmantyo mengapresiasi kejuaraan ini dan diharapkan dari Tebingtinggi Championship III akan lahir atlit – atlit karate yang berprestasi dan siap bertanding dalam event apapun.

“Saya berharap kejuaraan yang digelar tahun ini diharapkan lebih berkualitas dari sebelumnya yang pertama dan kedua. Itu semua bisa terjadi apabila semua atlit dan wasit serta juri tetap berpegang teguh Sumpah Karate,”sebut Lumban.

Menurutnya, kejuaraan ini merupakan upaya mencari bibit karateka handal dan berprestasi yang akan mewakili karateka Indonesia kejenjang internasional, di mana puncaknya nanti pada Asian Games yang Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Diharapkan kita tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya, tetapi juga sukses melahirkan prestasi dan hasil dari Tebingtinggi Open Championship ini,”sebutnya.

Dikatakan Lumban, tahun 2018 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta, sehingga perlu dilakukan pencarian atlet karate yang bisa membawa nama bangsa dikancah Asian Games. Karena karate merupakan cabang olah raga yang bakal diandalkan dalam turnamen tersebut.

“Kegiatan ini telah masuk dalam kalender PB Forki, dan kami menyampaikan apresiasi terhadap Pemko Tebingtinggi, apalagi kota ini punya ikatan emosional terhadap olahraga karate. Karena salah satu aliran karate lahir di Tebingtinggi yakni Tako. Gunakan event ini sebagai ajang persahabatan masyarakat karate seluruh Indonesia,” ujarnya.

Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan terima kasih kepada PB.Forki yang telah memasukan kejuaraan ini dalam kalender kegiatan PB Forki yang setiap tahunnya dilaksanakan.

“Kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan kejuaraan ini dan akan ditingkatkan terus kualitasnya. Diharapkan mampu melahirkan prestasi-prestasi atlit karate indonesia, jika ada yang I,II dan III akan ada yang ke IV,V,VI dan seterusnya,”sebut Umar.

Walikota juga mengajak seluruh karateka yang mengikuti kejuaraan di Tebingtinggi, khusus yang datang dari luar Sumut akan dibawa mengunjungi kota turis Parapat, Kabupaten Simalungun.

Ketua Panitia Azhar Effendi Lubis menyampaikan, kejuaraan ini diikuti 589 atlit dari 7 provinsi dan 18 kabupaten/kota, wasit/juri 72 orang. Kategori yang dipertandingkan Pemula, Kadet, Junior, Kata beregu Kadet dan junior, Kata Senior dan Komite Senior.

Provinsi yang mengikut sertakan atlitnya adalah Kalimantan Timur (Kaltim), Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Utara (Sumut), Riau, DKI Jakarta, Aceh, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kepulauan Riau (Kepri). Sementara kabupaten/kota antara lain Samosir, Batubara, Mandailing Natal (Madina), Dairi, Labuhanbatu, Serdangbedagai (Sergai), Deliserdang, Asahan, Taput, Pematangsiantar, Medan, Tebingtinggi, Binjai dan Tanjungbalai.

Kegiatan ini juga dihadir Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kaden B Brimobdasu, AKBP Arke F Ambat, pengurus PB Forki provinsi yang atlitnya ikut bertanding, termasuk wasit yang khusus didatangkan dari sejumlah daerah dengan memiliki pengalaman khusus.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.