Beranda ›› Foto & Video ›› 415 PNS Pemkab Sergai Diambil Sumpah Dan Janji

415 PNS Pemkab Sergai Diambil Sumpah Dan Janji

Sergai | suarasumut.com  –  Sebelum melaksanakan tugas dan kewajiban setiap PNS harus diambil sumpah dan janji PNS sebagai abdi negara dan pemerintah. Sebanyak 415 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) diambil sumpah/janji oleh Bupati Ir. H. Soekirman yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (18/7).

Setiap PNS wajib mengucapkan sumpah/janji sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 1975 tentang sumpah/janji PNS, Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Hal ini dikatakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam arahan dan bimbingannya usai pengambilan sumpah/janji PNS yang turut dihadiri Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno MM, Asisten Admum H. Rapotan Siregar SH, MAP dan Kepala BKD H. Ifdal S.Sos, MAP.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pengambilan sumpah/janji PNS bukan sekedar acara seremoni belaka, namun setiap PNS yang telah diambil sumpah/janji harus dengan nyata mengaplikasikan seluruh sumpah/janji tersebut. Setidaknya ada lima (5) point penting yang harus dimanifestasikan dengan makna/janji yang telah diikrarkan yaitu, pertama setia kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah, yang kedua adalah melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian.

Kemudian ketiga, PNS menjunjung tinggi kehormatan negara dan pemerintah serta martabat PNS, perilaku PNS yang berazaskan Profesional, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT). Lalu keempat, PNS harus bisa memegang rahasia yang menurut sifat atau perintahnya harus dirahasiakan serta yang terakhir yakni PNS harus bekerja jujur, sebab kejujuran hal mutlak yang harus menjadi landasan bagi PNS dalam segala aktivitasnya yang akan memberi manfaat bagi dirinya sendiri dan orang sekitarnya, jelas Bupati Sergai.

Bupati Soekirman juga mengharapkan kepada seluruh PNS di Lingkungan Pemkab Sergai, khususnya yang baru diambil sumpah/janji PNS wajib memiliki kemampuan berpikir konseptual berdasarkan visi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yaitu Unggul, Inovatif, Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan. Tetap mengedepankan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta berpegang teguh pada integritas terhadap bangsa dan negara juga kepada Allah swt /Tuhan Sang Maha Pencipta.

Disamping itu meningkatkan etos kerja dan menguatkan semangat untuk membangun Kabupaten Sergai yang lebih baik dalam konteks nusantara dengan menerapkan prinsip-prinsip pelayanan pemerintahan yang baik, pungkas Soekirman.

Dari 415 orang PNS yang diambil sumpah dan janji tersebut terdiri dari 14 orang PNS formasi K-1, 394 orang PNS formasi K-2, 1 orang PNS dari Perguruan Tinggi Kedinasan (IPDN) dan 6 orang PNS formasi umum tahun 2011 yang belum diambil sumpah/janjinya.(az/sssb)

Lihat Juga

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Nias Benahi Manajemen Kepegawaian

Nias | suarasumut.com  –  Meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kondisi birokrasi yang ideal, Pemerintah Kabupaten Nias …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.