Beranda ›› Foto & Video ›› 3 Napi Yang Kabur Di LP Gunungsitoli Berhasil Ditangkap

3 Napi Yang Kabur Di LP Gunungsitoli Berhasil Ditangkap

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com — Tiga tahanan lapas kelas II B Gunungsitoli yang kabur, Jum’at (1/8) yang lalu berhasil ditangkap kembali, Senin (4/8). Ketiganya ditangkap diatas kapal nelayan di perairan Nias kurang lebih 20 mil dari Kota Gunungsitoli.

Plt.Paur Humas Polres Nias Aipda Osiduhugo Daeli yang ditemui wartawan di pelabuhan Gunungsitoli membenarkan jika ketiga napi yang kabur di lapas gunungsitoli telah berhasil ditangkap kembali. Kini ketiga napi tersebut telah diboyong ke Mapolres Nias untuk diperiksa.

Selain ketiga napi yang kabur Saili, Dedi Harianto Nasution dan Ahmedi Iqbal alias Ismed, Polisi juga mengamankan seorang oknum anggota TNI Pelda JS, karena JS diduga ikut membantu pelarian ketiga napi tersebut menuju Kabupaten Singkil menggunakan kapal nelayan.

Menurut penuturan Osiduhugo, keempatnya ditangkap di perairan Pulau Nias yang jaraknya kurang lebih 20 mil dari pelabuhan Gunungsitoli, dan ketika ditangkap keempatnya tidak melakukan perlawanan.

Penangkapan berhasil dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat, dimana Polisi melakuka pengejaran menggunakan boat milik Polair yang dipimpin langsung Kapolres Nias AKBP. Juliat Permadi Wibowo, S.Ik, MH dan Boat milik nelayan yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Nias AKP. Arifieli Zega, SH.

Ketika melakukan penangkapan, boat yag ditumpangi ketiga napi yang kabur dari lapas kelas II B Gunungsitoli dan oknum anggota TNI dari Kodim 0213/Nias dalam keadaan rusak dan dikelilingi tiga boat ikan milik nelayan. Keempatnya saat ditangkap juga tidak melakukan perlawanan, sehingga Polisi dengan mudah menangkap keempatnya dan diboyong kembali ke Kota Gunungsitoli.

Sebelum ditangkap, keempatnya menyewa kapal ikan milik nelayan, namun akibat kapten kapal dan dua anak buah kapal curiga dan tidak mengikuti kehendak keempatnya, terjadilah perkelahian yang menyebabkan salah seorang ABK bernama Wirman Mendrofa terluka dibagian belakang kepala akibat dibacok salah seorang napi dan hingga kini tidak ditemukan.

Sedangkan kapten kapal dan ABK yang seorang lagi berhasil selamat setelah berenang selama 11 jam, berhasil selamat akibat ditemukan oleh nelayan di perairan Desa Afia pukul 06.00 wib. Sehingga berdasarkan informasi kapten kapal dan ABK yang selamat, Polisi melakukan pengejaran terhadap para napi yang kabur dan berhasil menangkap bersama oknum TNI yang ikut membantu pelarian ketiga napi yang kabur.

Sesuai pantauan wartawan di Mapolres Nias, setelah dilakukan pemeriksaan selama beberapa jam di Mapolres Nias, oknum TNI Pelda JS diboyong oleh Danpom ½-5 Nias bersama sejumlah anggota TNI Kodim 0213 Nias di Makodim 2013 Nias, jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli. Sedangkan ketiga napi yang kabur masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Nias.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.