Beranda ›› Foto & Video ›› 28.302 Penduduk Kabupaten Nias Sudah Miliki Akta Lahir

28.302 Penduduk Kabupaten Nias Sudah Miliki Akta Lahir

Nias | suarasumut.com — Hingga awal Maret 2016, Penduduk Kabupaten Nias yang telah memiliki Akta Kelahiran adalah sebanyak 28.302. dari 173.026 jiwa penduduk Kabupaten Nias, sebanyak 144.000 jiwa yang belum miliki Akta Lahir.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Yanueli Nazara kepada wartawan ketika ditemui di kantor Disdukcapil Kabupaten Nias yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Senin (14/3).

Namun, jumlah tersebut menurut Yanueli adalah data pemilik Akta Lahir yang diurus menggunakan sistem komputerisasi. Disdukcapil Kabupaten Nias tidak memiliki data sebelumnya atau pengurusan secara manual, sebab data lama telah hilang sejak kejadian gempa yang melanda Nias tahun 2005.

Untuk mengajak warga mengurus Akta Lahir maupun adminitrasi kependudukan lainnya, menurut Kadis Dukcapil, mereka melakukan berbagai upaya, diantaranya melakukan pelayanan langsung dilapangan, dimana petugas Disdukcapil setiap bulannya turun langsung ke Kecamatan menjemput berkas milik warga, dan akan mengantar kembali jika telah selesai.

Selain itu, dengan melakukan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat, dan tidak lupa dia menegaskan, dalam mengurus Adminitrasi Kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Nias tidak dipungut biaya atau gratis. Dia mengimbau warga untuk mengurus langsung atau jangan melalui calo.

Disinggung terkait kendala yang dialami, Kadis Dukcapil memberitahu, kendala saat ini kekurangan personil, sehingga kemampuan pegawai dalam melayani masyarakat menjadi terbatas. Peralatan yang telah ujur, dan perlu peremajaan, karena alat yang kini digunakan merupakan alat hibah dari kementerian, sehingga dibutuhkan alat baru yang biayanya mencapai Rp 300 – Rp 500 juta.

Selain itu, kurangnya personil tamatan sarjana komputer, sehingga saat ini hanya ada 1 personil yang bertugas melakukan pencetakan di Disdukcapil Kabupaten Nias. Pengetahuan masyarakat yang sangat minim, sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa pihak ketiga mengurus dokumen Kependudukan yang mengakibatkan warga dikenakan biaya oleh pihak ketiga.(sw/ss-ni)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.