Beranda ›› Foto & Video ›› 234 Kades Se-Sergai Ikuti Bimtek Pemerintahan Desa

234 Kades Se-Sergai Ikuti Bimtek Pemerintahan Desa

Sergai, suarasumut.com – Guna meningkatkan wawasan dan keterampilan penyelenggaraan pemerintahan desa dalam mendukung tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) memberangkatkan 234 Kepala Desa (Kades) untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat di Yogyakarta yang berlangsung dari 12–17 Oktober 2014.

Tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan kapasitas/kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) para kades dalam penyelenggaraan pemerintahaan desa guna mewujudkan tata manajemen pemerintahaan di desa yang lebih optimal sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Demikian dikemukakan Kabag Humas Sergai Dra. Indah Dwi Kumala yang disampaikan pada wartawan melalui telepon selularnya, Kamis (16/10).

Dijelaskan Kabag Humas bahwa materi yang akan diberikan dalam bimtek ini mengenai pengelolaan keuangan desa (merencanakan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan), pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang merupakan lembaga perekonomian desa untuk dibentuk menuju kemandirian ekonomi desa. Selain itu juga untuk menggerakkan partisipasi masyarakat melalui lembaga kemasyarakatan desa dan kelompok masyarakat (pokmas).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berkesempatan hadir untuk memberikan motivasi kepada peserta bimtek agar dapat menyerap ilmu yang diberikan narasumber serta memanfaatkan waktu selama kegiatan berlangsung. Harapan kedepannya para kades dapat mengimplementasikan semua ilmu dan pengetahuan dalam menjalankan tupoksinya di pemerintahan desa, jelas Kabag Indah.

Selain materi yang diberikan dari para narasumber tentang peningkatan kapasitas pemerintahan desa sebagai kegiatan didalam kelas, peserta juga melaksanakan kegiatan outdoor berupa studi wisata ke desa Panggungharjo, Sewon, Bantul sebagai desa peraih Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2014, juga belajar kewirausahaan bersama bapak Rajito HS (pemilik rumah makan jejamuran).

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pelajaran untuk mengembangkan perekonomian keluarga melalui usaha budidaya jamur serta mendirikan dan mengelola rumah makan dengan melihat langsung kebun jamur yang berada di Desa Pandowoharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dalam mengikuti kegiatan ini para peserta didampingi oleh BPMPD Kabupaten Serdang Bedagai serta 17 orang camat se-Kabupaten Sergai.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.