Apa 10 gempa bumi terkuat dalam sejarah yang terkait dengan gempa bumi di Turki?

Apa 10 gempa bumi terkuat dalam sejarah yang terkait dengan gempa bumi di Turki?

SEBUAH Gempa berkekuatan 7 melanda Turki dan Yunani pada hari JumatHal ini menyebabkan tsunami kecil dan memakan korban sedikitnya 14 orang dan lebih dari 400 luka-luka.

Jenis peristiwa alam ini sering terjadi di berbagai wilayah di dunia karena bumi terdiri dari lempeng tektonik (di kerak bumi) yang menyebabkan pergerakan ini saat bertabrakan.

Penyebab lain dari getaran termasuk penurunan permukaan tanah, letusan gunung berapi, tanah longsor, atau ledakan nuklir, tergantung pada lokasi penurunan permukaan tanah. Survei geologi Meksiko.

Meskipun mereka membuat kita takut, gempa bumi sangat umum terjadi (Meksiko adalah salah satu contoh yang paling jelas). Apakah Anda ingin tahu mana yang terbaik? Kami memberitahu Anda

1. Valdivia, Chili (1960)

Itu adalah gempa bumi terbesar yang pernah tercatat. Itu 9,6 dan itu terjadi pada 22 Mei 1960. Lebih dari 10.000 orang tewas di sana.

“Lempeng tektonik di kedua sisi patahan bergeser melewati satu sama lain sekitar 20 hingga 30 meter, mencapai hingga 40 meter secara lokal dan melepaskan energi yang telah terkumpul dalam hitungan menit selama berabad-abad. Patahan tersebut, dengan panjang sekitar 1.000 kilometer dan lebar 130 kilometer, menghasilkan penurunan permukaan tanah dan tektonik di atas permukaan teritorial yang luas, “kata buku itu Valdivia 1960: Antara air dan puing-puing, ditulis oleh Carlos Rojas.

2. Sumatera-Andamán (2004)

Itu terjadi pada 26 Desember 2004. Besarannya berkisar antara 9,1 dan 9,3. Gerakan karena lokasinya, itu menyebabkan beberapa tsunami di mana lebih dari 260.000 orang meninggal.

Kerusakan menyebar ke Indonesia, Sri Lanka, India dan Thailand, antara lain.

3. Alaska (1964)

Gempa ini berkekuatan 9.2 dan pusat gempa berada di Anchorage. Butuh empat menit, yang dianggap sebagai gempa terkuat di Amerika Utara.

READ  Hiu putih besar besar Unama'ki terlihat di selatan Miami

Gempa bumi tersebut menyebabkan tsunami yang menimbulkan gelombang sangat tinggi; Yang terbesar tingginya 67 meter dan menyebabkan kerusakan dan kematian hampir 200 orang di sebagian Kanada.

4. Pantai timur wilayah Tōhoku, Honshu, Jepang (2011)

Gempa tersebut berkekuatan 9,1 skala Richter dan menyebabkan tsunami yang meluluhlantahkan sebagian pulau di negara itu.

Itu berhutang padanya Kecelakaan nuklir di Fukushima pada 11 Maret tahun ini, Tanaman rusak akibat gempa bumi dan gelombang tinggi serta letusan gunung Karangetang di Kepulauan Celebes di Indonesia. Lebih dari 15.000 orang tewas

5. Kamchatka di bekas Uni Soviet (1952)

Itu terjadi pada tanggal 4 November dan berkekuatan 9. Gerakan ini menciptakan tsunami yang terutama melanda Kepulauan Kuril dan bahkan Hawaii.

Gelombang tinggi mencapai Jepang, Chili, Alaska dan Selandia Baru. Lebih dari 2.000 orang tewas.

6. Arica, kemudian bagian dari Peru (1868)

Gempa di lokasi ini, yang saat ini berada di Chile, memiliki ukuran yang dihitung antara 8,6 dan 9.

Efek brutalnya dapat dilihat di berbagai wilayah Arica hingga akhir abad ke-19, ketika kota itu sudah menjadi bagian dari wilayah Chili (…). (Meninggalkan) hampir enam ratus tewas, 212 di antaranya adalah pelaut yang berada di kapal di teluk sementara 385 sisanya tinggal di kota, “begitu Perpustakaan Nasional Chili.

7. Lima, Peru (1746)

Di dalam, ukurannya adalah 9, antara 10.000 dan 20.000 orang meninggal. Itu dianggap sebagai gempa terkuat di ibu kota negara.

“Pada tanggal 28 Oktober 1746, sekitar pukul 22.30, ketika penduduk Lima sedang makan malam di rumah mereka dan yang lainnya sudah istirahat, bumi rupanya mencapai tingkat getaran yang sangat tinggi hanya dalam empat menit. Kronik waktu meninggalkan rumah, kuil dan gereja dengan mudah gemetar dan runtuh, “tegas institut geofisika Peruvian di situsnya.

READ  CEO Pfizer Untuk Yunani: Saya Berharap Vaksin COVID-19 Akan Tersedia Dalam Beberapa Minggu

8. Cascadia antara Amerika Serikat dan Kanada (1700)

Gempa ini terjadi pada 26 Januari tahun ini, ukurannya bervariasi antara 8,7 dan 9,2 tergantung pada skala pada saat itu.

Dalam gerakan telurik ini, Juan de Fuca dan lempeng Pasifik “bertabrakan”, menyebabkan tanah longsor paling sedikit 20 meter. itu terlihat dari Pulau Vancouver hingga pantai utara California.

9. Chili (2010)

Pada pagi hari tanggal 27 Februari 2010, gempa bumi dengan kekuatan 8,8 terjadi di Laut Chili di lepas pantai yang dulunya adalah wilayah Biobío (sekarang wilayah Ñuble), sekitar 150 kilometer barat laut Concepción dan 63 kilometer barat daya Concepción Cauquenes.

Ini membentang di beberapa wilayah dan diikuti oleh tsunami, dan 526 tewas dan puluhan hilang.

10. Antara Ekuador dan Kolombia (1906)

Gerakan Tellurium mempengaruhi pantai kedua negara di dekat provinsi Esmeraldas pada tanggal 31 Januari 1906.

Jumlah korban 1.500 dan berada di urutan 8,8.

Jika Anda memerlukan informasi tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi di dekat laut, Survei Geologi Amerika Serikat membuat triptych. Anda bisa melihatnya dengan memberi Klik disini.

Dengan informasi dari AP dan USGS

Anda mungkin tertarik dengan:

Gempa berkekuatan 7 melanda Turki; menyebabkan sedikitnya 14 orang tewas dan lebih dari 400 luka-luka

Apa itu gempa bumi dan mengapa begitu umum terjadi di Meksiko?

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut