Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Wow.! Penggunaan ADD Diduga Tak Tepat Sasaran

Wow.! Penggunaan ADD Diduga Tak Tepat Sasaran

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Sejumlah Kepala Desa di Pemkab Labuhanbatu menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2017 yang bersumber dari Bagi Hasil Pajak Daerah serta dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah diduga tidak tepat sasaran.

Karena, meski dana tersebut diperuntukkan pengadaan tiang jaringan internet (three G), tetapi jaringannya malah tidak ada.

Informasi dihimpun, pemasangan website itu dengan besaran sekitar Rp 40 juta/perdesa. Anehnya, dari 75 desa yang ada diwilayah Labuhanbatu, sekitar 30% desa belum ada jaringan internet. Namun desa dimaksud tetap mengadakan pembuatan tiang tower untuk website desa.

M.Asmui Ketua APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Labuhanbatu menjawab wartawan di Aula Hotel Platinium Rantauprapat, Selasa (19/9/20017) mengakui bahwa pengadaan website tersebut memang dibutuhkan.Tapi ia mengakui kalau pengadaan Webseit itu sebagian tak memiliki jaringan sebagai mana yang dibutuhkan.

“Saat ini, website sangat dibutuhkan guna mengirim data desa secara on line kepihak terkait. Termasuk ke Kementerian Desa di Jakarta, tapi kalau tidak ada jaringannya bagaimana menggunakannya,”paparnya.

Dikatakannya, mengenai desa yang belum terjangkau jaringan website atau treeze, pihak ketiga sebagai pelaksana pengadaan berjanji akan memasang jaringan.

Sayangnya Asmui tidak mau menyebutkan siapa dan dari perusahaan mana pihak ketiga dimaksud. “Ooo, kalau itu saya tidak tahu, tanyakan saja ke Kantor PMD,” jawabnya berkelit.

Sementara, Dasril Lumban Tobing ditemuai Wartawan di Kantor PMDK mengaku sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, membenarkan janji pihak ketiga yang akan memasang jaringan website ke seluruh desa.

“Dasar dari pengadaan jaringan website itu, karena data yang ada pada kami bahwa seluruh daerah di Labuhanbatu telah ada jaringan three G,” jelasnya.

Lucunya, Dasril tidak dapat menyebutkan apa lagi memperlihatkan data yang menyatakan bahwa seluruh wilayah Labuhanbatu sudah ada jaringan three G dimaksud.(ab/ss-lb)

Lihat Juga

Evaluasi Program, Pemkab Nias Gelar Rakorbang

Nias | suarasumut.com  —  Untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan serta tingkat serapan anggarantahun anggaran ...