Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Warga Tapian Nauli Tuding Pencalonan Bantuan PKH Tidak Tepat Sasaran
Foto : Ibu-ibu Rumah Tangga desa Tapian Nauli III Yang Tidak Terima Dengan Pendataan PKH
Foto : Ibu-ibu Rumah Tangga desa Tapian Nauli III Yang Tidak Terima Dengan Pendataan PKH

Warga Tapian Nauli Tuding Pencalonan Bantuan PKH Tidak Tepat Sasaran

Tapteng | suarasumut.com  –  Sejumlah masyarakat Desa Tapian Nauli III, kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), merasa tidak terima atas pendataan yang diduga tidak tepat sasaran untuk pencalonan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (16/11/2017) di Dusun I Poriaha.

Masyarakat pedusunan ini menilai, pencalonan pendataan yang disampaikan pendamping PKH itu tidak tepat sasaran berdasarkan program Kemensos RI pada pengentasan kemiskinan.

Para ibu rumah tangga yang mengaku keseharian sebagai petani miskin ini ingin mengetahui darimana data yang menerima bantuan itu, dan sangat berbeda seperti yang diharapkan.

“Kami merasa tidak terima dengan rapat yang mereka lakukan tadi, kenapa orang yang berada (mempunyai harta/kaya) mendapat bantuan Keluarga Harapan, sementara disini masih banyak anak yatim yang belum menerima,” kata Misnur Hutagalung ibu rumah tangga yang merupakan salah satu pedagang kecil di Dusun I Poriaha Nagodang.

Para ibu rumah tangga, Hoporia Hutabarat, Normalia Hutagalung, Marlina Hutagalung, Lensa Hutabarat, Ledis Sihombing, Meri Dongoran, Donna Hutabarat, dan Tiurmaida Hutabarat mendesak pendamping PKH agar data yang menerima bantuan itu perlu kejelasannya untuk diketahui masyarakat.

“Sudah kami tanya siapa yang mendata itu, tetapi ibu yang datang dalam rapat Keluarga Harapan itu tidak banyak memberikan komentar, dia hanya mengatakan yang mendata itu dari BPS dan kemensos,” tambah Meri yang diamini sejumlah ibu rumah tangga.

Sementara salah satu pendamping PKH yang tidak sempat namanya diketahui membenarkan bahwa pendataan bantuan sasaran itu di data oleh BPS dan kemensos.

Diungkapkannya selesai dalam rapat, bahwa di Kecamatan Tapian Nauli yang memperoleh PKH hanya 3 desa yakni Desa Tapian Nauli I, Desa Tapian Nauli III dan Desa Aloban

“Rapat itu di ikuti oleh pencalonan PKH, di Tapian Nauli III hanya 27 orang saja,” kata pendamping PKH ini.

Ketika ditanya apakah data yang diperolehnya merupakan tergolong warga miskin target PKH, pendamping ini hanya diam mengangguk membenarkan dan berlalu pergi meninggalkan tempatnya yang lain.

Sebelumnya, pendamping PKH bersama pencalonan PKH ini melaksanakan rapat rumah salah satu warga di desa Tapian Nauli IV Pagaranpinasa, Kecamatan Tapian Nauli.(ph/ss-tt)

 

Kata kunci terkait:
Bantuan PKH tidak tepat sasaran

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...