Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Warga Sumberjo Blokir Jalan, Pertanyakan Dana Konsersium Perawatan Jalan

Warga Sumberjo Blokir Jalan, Pertanyakan Dana Konsersium Perawatan Jalan

Torgamba | suarasumut.com  –  Puluhan warga demo dengan menghadang ruas jalan umum di dusun Sumberjo, Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba, Kamis (11/2) kemarin. Para pendemo memprotes kerusakan jalan yang disebabkan truk angkutan milik perusahaan perkebunan pabrik kelapa sawit (PKS).

Pemblokiran jalan dilakukan warga dengan cara meletakan ban bekas sambil berorasi di tengah badan jalan. Mengakibatkan , sejumlah truk angkutan bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dan Crude Palm Oil (CPO) milik perusahaan maupun warga tidak dapat melintas.

Azhari Harahap Koordinator aksi menyuarakan dalam orasinya “Warga menuntut agar Peraturan Bupati No.15 Tahun 2013 tentang kelas jalan dan UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu-lintas agar ditegakkan. “Dan kami minta agar truk-truk dengan muatan berlebih tidak lagi melintas di jalan ini. Sebab, keberadaan truk tersebut menjadi penyebab kerusakan jalan,”katanya.

Lebih dari 1 jam berorasi akhirnya para pendemo didampingi “Haris warga sekitar anggota DPRD Labusel bertemu Kadishubkominfo Abrar Salman yang difasilitasi pihak kepolisian melalui Kapolsek Torgamba AKP. Tobing. Pada pertemuan itu menurut Abrar, truk yang melintas itu tidak menyalahi ketentuan karena dimensi kendaraan masih sesuai yakni panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 4,5 meter.

“Selain itu, sudah ada kesepakatan antara perusahaan yang beroperasi di wilayah itu dengan warga dan Pemkab Labusel untuk bertanggung jawab memperbaiki ruas jalan ini,” paparnya.

Sementara pihak pendemo tetap tidak puas dengan apa yang dipaparkan pihak kadishubkominfo Labusel, pada pertemuan, bahkan pada saat itu sempat terjadi ketegangan antara pendemo dengan pihak Dishub, kemudian akhirnya diputuskan dan disepakti permasalahan akan digiring melalui rapat dengar pendapat (RDP) di Kantor DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Haris warga Sumberjo yang juga merupakan anggota DPRD saat dikonfirmasi awak media, mengatakan, jalan besar Sumberjo saat ini rusak akibat truck pengangkut TBS dan CPO beberapa perusahaan yang melintas melebihi tonase, padahal jalan besar Sumberjo adalah kelas II.

Lanjut Haris, ironisnya anggaran untuk perawatan jalan (anggaran konsersiumsum) yang dibebankan pada pihak perusahaan sudah ada kesepakatan antara pihak pemerintah dengan perusahaan, nyatanya kita bisa lihat sendiri banyak jalan yang telah berlubang dan tidak perbaiki. (zr/ss/ls)

Kata kunci terkait:
alamat imel kantor pabrik sawit di medan, gambar sumberjo labusel

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...