Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Warga Minta Lokasi Tanah Longsor Segera Dibangun Bronjong

Warga Minta Lokasi Tanah Longsor Segera Dibangun Bronjong

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Warga di dusun Badar Desa Tanjung Medan kecamatan Bilah Barat meminta kepada pemerintah agar segera membangun bronjong di ruas jalan yang longsor. Pasalnya, warga mengaku khawatir jika tanah yang longsor dipinggir ruas jalan sebulan yang lalu akan bertambah lebar jika tidak segara dibangun bronjong.

“Sudah hampir sebulan pemerintah melakukan peninjauan di lokasi tanah langsor di pinggir ruas jalan itu. Kita berharap lokasi tanah itu segera dibangun beronjong agar lokasi tanah yang longsor itu tidak bertambah lebar,” ucap Rahmat bersama warga lainnya kepada wartawan, Minggu (13/12).

Menurutnya, upaya yang dilakukannya bersama warga saat ini dengan melakukan penanaman pohon bambu untuk menahan erosi hanya berlaku untuk masa jangka panjang. Sebab, saat ini akibat musim hujan, tanah yang telah longsor tersebut kian melebar dikarenakan air sungai bilah mulai meluap dan kembali mengkikis dinding tanah.

“Kalau hanya menanam bambu itu hanya jangka panjang. Nah, karena ini musim hujan, maka dibutuhkan segera dibangun beronjong. Agar tidak lagi melebar tanah yang longsor itu,”terang Rahmat.

Untuk itu, Rahmat dan warga lainnya meminta kepada pemkab labuhanbatu agar segera mengambil sikap untuk membangun beronjong dipinggir ruas jalan yang lonsor tersebut, sebelum ruas jalan yang menghubungkan desa Tanjung medan dengan Desa Tebing Lingga hara menjadi terputus.

“Kalau tidak segera dibangun bronjong, kita takut jalan yang menghubungkan warga untuk ke kota bisa jadi terputus. Makanya kita minta pemerintah segera membangun beronjong dipinggir jalan yang longsor itu,” pintanya diamini warga lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Medan Zulham Rambe mengatakan pihaknya telah melakukan kordinasi dengan pemkab Labuhanbatu. Dimana, Pemkab Labuhanbatu berjanji akan melakukan pembangunan beronjong sepanjang 500 meter.

“Beberapa waktu lalu, PJ Bupati bersama sejumlah SKPD sudah melakukan peninjauan ke lokasi. Didalam peninjauan itu, PJ Bupati berjanji akan membangun Beronjong sepanjang 500 meter. Mudah-mudahan Janji tersebut segera terealisasi secepatnya. Jadi, kita disini sifatnya hanya menunggu,”katanya.(ab/ss/rp)

Kata kunci terkait:
warga berharap pemerintah segera membangun tanah lonsor

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...