Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Warga Mengeluh, Limbah PT Rubber Hock Lie di Duga Beracun

Warga Mengeluh, Limbah PT Rubber Hock Lie di Duga Beracun

Rantauprapat, suarasumut.com – Masyarakat Labuhanbatu menduga atas limbah PT Ruber Hock Lie yang berada di Kelurahan Pardamaian,Kecamatan Rantau Selatan beracun.Pasalnya warga menilai limbah yang dibuang PT tersebut kesungai Aek riung itu diduga tidak sesuai baku mutu limbah yang ditetapkan.

Selain limbah cair yang dibuang kesungai aek riung itu,limbah udara juga diduga tidak sesuai hasil uji lep yang ditentukan.

” Hampir puluhan tahun PT tersebut membuang limbah ke anak sugai itu,bahkan limbah udaranya setiap kita melintasi pabrik tersebut terasa menyegat dihidung.Namun meski sudah hampir puluhan tahun,pihak Pemkab Labuhanbatu terkesan diam.

Oleh karena tidak ada teguran dari Pemkab setempat,hingga pihak PT itu masih menetap menggolah pabrik karet dilokasi sekarang,”Kata Julia Adha Hasibuan, Jum’at(4/7) pada suarasumut.com.

Menurut dia,meski PT itu sering di Orasi pada kalangan Aktifis yang menduga bahwa limbah PT itu beracun yang dibuang kesungai itu.Namun efek yang dilakukan terlihat tidak berdampak,sebab hingga sampai saat ini, pihak PT itu masih saja membuang limbahnya kesungai Aek Kundur itu.

” Biasanya kalau PT itu membuang limbah sewaktu hujan deras,dengan begitu air yang begitu deras menyelimuti sungai tidak terlihat hitam dan kotornya limbah PT itu yang sedang mereka buang.

Hampir ratalah masyarakat sekitar mengeluhkan limbah itu,dan utamanya limbah polusi yang dikeluarkan dari PT itu aromanya sangat menyegat (Bau),tapi karena warga sekitar tidak punya daya untuk meminta ditutup,alhasil harus diam dan menghirup udara yang tak sedap itu,”Terang Juli.

Sementara belum lama ini di Konfirmasi Wartawan Humas PT Rubber Hock Lie yang kerap disebut Bang Jhon soal amdal dan hasil uji lep apakah sesuai dengan baku mutu limbah ia menegaskan kalau hasil uji lep pada PT Rubber sesuai baku mutu limbah.

” Pastilah sudah di Uji limbah pabrik ini,apakah dibuangnya kesugai tidak berepek pada manusia dan hewan,kalau tidak sesuai baku mutu limbah mungkin pemkab setempat tidak akan memberikan pabrik ini dibuka lagi.

Bahkan,jika baku mutu limbah sesuai prosedur, limbah yang dibuang akan semangkin berguna bagi tumbuhan dan hewan yang ada diair itu.

Disinggung,apakah limbah udara juga sesuai yang ditetapkan,Jhon juga membenarkan kalau limbah udara juga sudah sesuai hasil hasil uji Lep sesuai dengan amdal,”Terang Jhon.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Badan Lingkugan Hidup Paisal Amri siregar belum berhasil dikonfirmasi Wartwan atas kebenaran tersebut. (ao/ss/rp).

Kata kunci terkait:
hokli, kecelakaan kerja di hock lie, pabrik getah hock lie labuhanbatu, pt robber hookle rantau prapat

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.