Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Warga Hilinamazihono Resah Dengan Kinerja Kades Yang Tidak Profesional

Warga Hilinamazihono Resah Dengan Kinerja Kades Yang Tidak Profesional

Nisel | suarasumut.com  –  Masyarakat Desa Hilinamazihono, Kecamatan O’o’u – Nias Selatan melaporkan Kepala Desa atas nama Waspada Halawa ke Kantor Camat karena kekesalan mereka terhadap kinerja Kades yang tidak profesional menjalankan tugas/amanat sebagai bagian dari pemerintahan ditingkat Desa.

Sehingga dengan kekecewaan dan keresahan tersebut, beberapa tokoh baik dari pemuda dan juga masyarakat menyurati Camat O’o’u Sukahati Halawa, S.Pd., pada kamis, 20 oktober 2016 yang berisikan delapan butir kinerja Kepala Desa yang membuat masyarakat resah, antara lain : 1. Berkas siluman perekrutan Sekretaris Desa, dimana pemenang dipengumuman ialah pelamar yang tidak memenuhi administrasi atau tidak diketahui berkas lamarannya oleh team seleksi yang telah ditetapkan dan di SK kan oleh Kades, sehingga pelamar lainnya merasa dirugikan atas tindakan yang berpihak oleh kades dan kuat dugaan adanya pungutan yang berjenis nepotisme. 2. Perekrutan aparat desa sebelumnya yakni tiga kepala urusan, tiga kepala seksi dan lima kepala dusun, pada bulan April 2016 yang pernah dibatalkan oleh Camat O’o’u Sukahati Halawa, S.Pd dikarenakan kesewenang-wenangan Kepala Desa dalam memilih dan menetapkan, sehingga pada bulan juni 2016 kembali direkrut aparat desa dengan jumlah posisi yang sama dari sebelumnya dan hingga saat ini sudah empat bulan, tidak ada kejelasan/pengumuman hasil seleksi. 3. Adanya aparat Desa Hilinamazihono yang merangkap dua jenis pekerjaan dijajaran pemerintahan yakni, sebagai pegawai tidak tetap daerah (PTTD) Nias Selatan dan guru bantu daerah (GBD). Maka Masyarakat dan Pemuda menilai Kades menyalahin aturan Bupati Nias Selatan.

Maka dari isi surat tersebut, para tokoh masyarakat dan pemuda meminta agar Camat O’o’u mengambil sikap secepatnya untuk memberi hati memproses dan menindak lanjutin laporan tersebut, supaya tidak terganggu kepentingan Desa Hilinamazihono.

Sehingga pada hari Senin, 24 oktober 2016 tokoh dari pemuda (mewakili pelapor) Pengalaman Mendrofa, SE dan Noferius Laia, S.Pd.K, didampingi pengurus organisasi kepemudaan Gerakan Pemuda Peduli Mo’ale (GEMA), bersama-sama melakukan audiensi diruangan Camat O’o’u terkait perkembangan laporan masyarakat secara tertulis pada 20 Oktober 2016.

Dan dalam kesempatan singkat ini juga pengurus GEMA mengingatkan kembali Camat O’o’u pada putusan rapat pada bulan Mei 2016 di Balai Desa Hilinamazihono yang difasilitasi oleh Camat O’o’u dan team tentang pertanggung jawaban Kades dipengalokasian anggaran dana desa (ADD) tahun 2015.

“Di Desa Hilinamazihono yang kuat dugaan kami ada penyalahgunaan yang melahirkan unsur korupsi. Karena sampai saat ini masyarakat meraba-raba akan petunjuk teknis alokasi dan prioritas penggunaan dana desa tahun 2015, berhubung karena Kepala Desa tidak pernah tidak pernah mensosialisasikan secara umum dan transparan kepada masyarakat,”jelas pengurus GEMA.

Diruang pembicaraan tersebut, Camat (Sukahati S.Pd) menjelaskan, bahwa sudah melakukan pemanggilan secara lisan kepada Kades (Waspada Halawa Als. Ama Damai Halawa) akan tetapi, Kades tidak mengindahkan dengan alasan sibuk. “Juga saat ini saya sudah menyurati memanggil beliau agar pada Selasa, 25 Oktober 2016 hadir Ke kantor Camat untuk meminta beliau pertanggungjawabkan laporan masyarakat Hilinamazihono sesuai isi surat yang saya terima. Namun, saya tidak bisa pastikan apakah beliau mengindahkan apa tidak,”tegasnya.

Sedikit juga disinggung  Camat, bahwa diwilayah kerjanya se Kecamatan O’o’u baru Kades Hilinamazihono terkesan sangat keras kepala. “Teringat pada saat pak DR. Hilarius Duha, SH., MH (Bupati Nias Selatan) datang berkunjung di Desa Hilinamazihono, jangankan Kepala Desa menyambut baik kedatangan Bupati beserta rombongan, kelihatan aja tidak. Apalagi kalau kami ini hanya jabatan Camat yang memanggil beliau. Akan tetapi, saya akan coba berkomunikasi ke beliau karena saya hanya bisa meneruskan isi laporan dan hasil berikutnya akan saya konfirmasi ke rekan pelapor juga kepada pengurus organisasi pemuda GEMA,”sambung Camat.

Sehingga dalam audiensi tersebut, pihak masyarakat (pelapor) dan pengurus Gerakan Pemuda Peduli Mo’ale (GEMA), menitipkan aspirasi ke Camat O’o’u agar secepat mungkin isi surat masyarakat diproses agar terjawab kegelisahan masyarakat selama ini dan jika perlu Kepala Desa yang demikian agar bisa di copot dari jabatannya.(el/ss-ns)

Kata kunci terkait:
kades korupsi dana desa di madina, DANA ADD NIAS SELATAN 2016, data bps penduduk nias selatan, kemana warga melaporkan kinerja kades yg nepotisme, Kepala desa fropesional, Nama camat oo u nisel, nama pemenang sekdes di palas sumut

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...