Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Walikota Gunungsitoli Serahkan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Bahagia

Walikota Gunungsitoli Serahkan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Bahagia

Gunungsitoli, suarasumut.com — Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp menyerahkan bantuan berupa alat pertanian Hand Traktor kepada kelompok Tani Bahagia, di Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Kamis (12/3). Bantuan tersbeut sebelumnya diserahkan oleh PT.Bank Sumut Cabang Kota Gunungsitoli kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Pada acara penyerahan bantuan, Walikota memberitahu, bantuan tersebut sebelumnya diberikan PT.Bank Sumut sebanyak 10 unit Hand Traktor dan 1 unit Combine Rice Harvester, serta 10 unit becak sampah dan 7 unit gerobak sampah dari dana CSR.

Alat pertanian yang diberikan PT.Bank Sumut kemudian diserahkan kepada para petani untuk digunakan, dan setelah digunakan akan dikembalikan kepada Dinas Pertanian untuk disimpan dan digunakan jika kemudian diperlukan lagi.

Tujuan alat tersbeut disimpan Dinas Pertanian, supaya alat tersebut tetap awet dan terawat. Sedangkan becak sampah dan gerobak sampah diserahkan kepada Dinas Tarukim untuk digunakan sebagai sarana kebersihan di Kota Gunungsitoli.

Walikota juga memberitahu, selain bantuan dari PT.Bank Sumut cabang Gunungsitoli, untuk membantu petani dalam mengentaskan program swasembada pangan di Kota Gunungsitoli, Pemko Gunungsitoli telah membeli alat penanam padi dari APBD Kota Gunungsitoli tahun 2014.

Dimana alat tersebut dapat digunakan petani untuk menanam padi disawahnya, dimana selama ini petani membutuhkan waktu kurang lebih satu miggu untuk menanam padi di sawah seluas satu hektra, dan hasilnya tidak akan rata dan dapat membuat bibit busuk karena terlalu lama.

Dengan adanya alat penanam padi tersebut menurut Walikota, petani di Kota Gunungsitoli dapat menanam padi 4-5 jam perhektar dan dapat meminimalisir waktu tanam, dan mesin tersbeut juga akan ditambah jumlahnya ke depan.

Kadis Pertanian Yunus Waruwu di tempat yang sama menjelaskan, penyimpanan alat tersebut oleh Dinas Pertanian tujuannya untuk menjaga alat tersebut tettap awet dan terawat, sebab menurut pengalaman sebelumnya, bantuan yang diberikan kepada petani tidak terawat dan cepat rusak.

Kepala PT.Bank Sumut Cabang Gunungsitoli Herki Simanjuntak usai menyerahkan bantuan membeberkan, bantuan diberikan sebagai bentuk dukungan PT.Bank Sumut terhadap program pemerintah Kota Gunungsitoli untuk mensejahterahkan masyarakat Kota Gunungsitoli.

Dia berharap apa yang telah mereka berikan dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik oleh petani, karena bantuan tersebut sangat terbatas.

Selain acara pemberian bantuan, kegiatan lain yang dilakukan di lokasi persawahan kelompok tani bahagia adalah penanaman perdana padi, dimana Walikota Gunungsitoli dan Wakil Walikota melakukan penanaman dengan menggunakan alat tanam padi. Pada acara tersebut juga terlihat hadir Sekda Kota Gunungsitoli, Dandim 0213/Nias dan Ketua PKK Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Karo Laksanakan Diklat Revolusi Mental

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *