Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Walikota Gunungsitoli Panen Perdana Padi Sawah Bersama Bupati Bantaeng

Walikota Gunungsitoli Panen Perdana Padi Sawah Bersama Bupati Bantaeng

Gunungsitoli, suarasumut.com — Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp panen padi sawah bersama Bupati Bantaeng, Propinsi Sulawesi Selatan Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. Panen perdana padi sawah dilaksanakan di Desa Bawadesolo, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Selasa (18/11).

Pada panen padi sawah bersama, Walikota Gunungsitoli mengatakan kepada wartawan, kegiatan panen bersama dilaksanakan untuk mengawal dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kota Gunungsitoli. Pada hakekatnya, panen yang dilakukan merupakan hasil kerja keras para petani.

Dia berharap momentum panen perdana, dapat menjadi motivasi kepada semua yang berkepentingan terhadap pembangunan sektor pertanian, terutama tanaman di wilayah Kota Gunungsitoli demi menjawab tantangan kebutuhan pangan khususnya beras.

Mengenai keluhan petani terkait sulitnya mendapatkan benih, Martinus Lase mengakui jika hal tersbeut menjadi sebuah polemik yang menjadi perhatian Pemkot Gunungsitoli. Kedepan dia berjanji akan memperketat pengawasan terhadap distributor, serta berencana membangun pabrik penghasil benih pupuk untuk memenuhi kebutuhan para petani di Kota Gunungsitoli.

Di tempat yang sama , Plt.Kadis Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kota Gunungsitoli Eliyunus Waruwu memberitahu, mereka telah menyusun program peningkatan produksi pertanian di Kota Gunungsitoli.

Wilayah yang jadi objek susunan program dengan pengembangan intesifikasi padi dengan target produksi 6 ton perhektar adalah Lahan Sawah Luaha Sowu, di Desa Teluk Belukar seluas 2,4 hektar, Lahan Sawah di Desa Ononamolo, Kecamatan Gunungsitoli Selatan seluas 2,34 hektar, Lahan Sawah Fadoro Laehuwa, Desa Fadoro, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi seluas 4,95 hektar, Lahan Sawah di Desa Bawadesolo, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi seluas 9,16 hektar, Lahan Sawah Bakaru di Desa Siwalubanua I dan Desa Tetehosi I, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi seluas 9,38 hektar dan Lahan Sawah Sowu di Desa Nazalou Lolowua, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa seluas 37,02 hektar.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

Komunitas KO2PI-STMIK Budi Darma SelenggarakanWorkshop Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah

Medan | suarasumut.com  –  Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) adakan Workshop on Multidisciplinary and Applications ...