Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Walikota Gunungsitoli Buka Gerakan Perbaikan Saluran Irigasi

Walikota Gunungsitoli Buka Gerakan Perbaikan Saluran Irigasi

Gunungsitoli, suarasumut.com — Walikota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp membuka secara resmi acara pencanangan perbaikan saluran irigasi di komplek persawahan, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Selasa (27/1).

Pencanangan Gerakan Perbaikan Saluran Irigasi merupakan program pemerintah pusat untuk mencapai Indonesia swasembada pangan 3 tahun ke depan. Pada acara pencanangan yang dihadiri Bupati Nias Utara Edward Zega, Kajari Gunungsitoli Parningotan Bakkara,SH,MH, Wakil Walikota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato, Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM, Walikota memberitahu, Pemerintah Indonesia telah menargetkan 3 tahun Indonesia menjadi negara swasembada.

Target pemerintah tersebut hampir sama dengan komitmen pemerintah Kota Gunungsitoli yang saat ini sedang giat giatnya melakukan program pangan di Kota Gunungsitoli, dan meminta petani menjaga kepercayaan pemerintah pusat dengan melakukan perbaikan saluran irigasi sawahnya.

Dia mengungkapkan, sebelumnya Pemko Gunungsitoli telah melakukan uji coba dengan menanam bibit padi unggul pada sawah seluas 40-60 hektar, dan setiap hertar sawah yang telah ditanami tersebut memanen 8,16 ton per hektar.

Sehingga dia optimis, dengan menanam kelak 1000 hektar sawah, Kota Gunungsitoli bisa menghasilkan padi 8500 ton setiap panen, dan bisa memenuhi setengah dari 17.000 ton kebutuhan beras warga Kota Gunungsitoli setiap tahunnya.

Apabila melakukan panen tiga kali dalam setahun, dia optimis jika dalam tiga tahun, Kota Gunungsitoli akan menjadi daerah swasembada beras dan tidak perlu lagi mengimpor beras dari luar daerah seperti yang terus terjadi selama ini.

Ditempat yang sama, Kadis Pertanian Eli Yunus Waruwu menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan dalam mendukung program swasembada pangan. Pemko Gunungsitoli mendapat dana Rp 1,1 milliar dari pusat untuk perbaikan saluran irigasi di Kota Gunungsitoli seluas 1000 hektar.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Evaluasi Program, Pemkab Nias Gelar Rakorbang

Nias | suarasumut.com  —  Untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan serta tingkat serapan anggarantahun anggaran ...