Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wali Kota Letak Batu Pertama Pembangunan Dermaga Penyeberangan Di Siwalumbanua

Wali Kota Letak Batu Pertama Pembangunan Dermaga Penyeberangan Di Siwalumbanua

Gunungsitoli, suarasumut.com — Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp meletakkan batu pertama pembangunan dermaga penyeberangan kapal Roro di Desa Siwalumbanua, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Rabu (19/8).

Anggaran pembangunan dermaga tahap pertama, bersumber dari dana APBN Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebesar Rp 50 milliar.

Nimrot Dolog Saribu mewakili Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub RI mengatakan, sebagai satuan kerja dia menganggap program kerja Wali Kota Gunungsitoli merupakan sesuatu yang briliant. Dia berharap, pembangunan dermaga dapat diselesaikan dengan baik, dan memberitahu, pembangunan dermaga tidak dapat selesaik dalam satu tahap.

“Ini merupakan tanggungjawab Pemko Gunungsitoli, karena dermaga ini kelak akan diserahkan kepada Pemko Gunungsitoli untuk dikelola. Pemko Gunungsitoli harus benar benar mempersiapkan diri untuk mengelola dermaga ini kelak,” ujar Nimrot.

Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mengatakan, Pemko Gunungsitoli menyambut baik pembangunan dermaga Roro di Desa Siwalumbanua.

“Kita bersyukur, karena salah satu fasilitas startegis untuk mendukung percepatan pembangunan di Kota Gunungsitoli segera dibangun. Memang sudah ada dermaga sebelumnya di Kota Gunungsitoli, tetapi dermaga tersebut dikelola PT.Pelindo. Dermaga ini kelak diserahkan kepada kita untuk kita kelola sendiri,” papar Wali Kota.

Pada pembangunan dermaga di Desa Siwalumbanua, Pemko Gunungsitoli tidak mengeluarkan anggaran, kecuali menyediakan lahan. Anggaran untuk pembangunan dermaga mencapai Rp 82 milliar.

Untuk pembangunan tahap pertama tahun 2015/2016, anggaran yang digunakan sebesar Rp 50 milliar, sedangkan untuk tahap kedua tahun 2016/2017, anggaran yang digunakan sebesar Rp 32 milliar. Pembangunan selesai tahun 2017, dan dermaga sudah bisa difungsikan awal tahun 2017.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, SpdaK mengucapkan apresiasi sebesar besarnya atas program dan keberhasilan Pemko Gunungsitoli memperjuangkan pembangunan dermaga penyeberangan.

“Ini merupakan kebahagian masyarakat Kota Gunungsitoli, dimana setelah sewindu Kota Gunungsitoli menjadi daerah DOB, Kota Gunungsitoli akhirnya akan bisa memiliki dermaga sendiri. Pembangunan dermaga ini sangat berefek untuk pembangunan Kota Gunungsitoli, karena dapat menampung tenaga kerja serta meningkatkan ekonomi warga Kota Gunungsitoli, khususnya yang memiliki lahan di sekitar dermaga,” terang Herman.

Herman berharap pembangunan dermaga penyeberangan tersebut tidak sebatas pembangunan tahap pertama. Dia meminta Pemko Gunungsitoli untuk terus berinisiatif meminta pusat dalam melanjutkan pembangunan tahap tahap selanjutnya.

Kades Siwalumbanua Darman Gea di tempat yang sama, meminta warganya untuk menjaga dan membantu pembangunan dermaga. Tujuannya, supaya dermaga dapat selesai dan berfungsi untuk kesejahteraan warga Kota Gunungsitoli, khususnya warga Desa Siwalumbanua.

“Pembangunan dermaga ini merupakan awal pembangunan di Desa Siwalumbanua. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemko Gunungsitoli, sehingga di desa kami banyak pembangunan,” ungkap Darman.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia Adakan Kompetisi Internasional ResPex

Malaysia | suarasumut.com  –  Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia adakan Kompetisi International Regional Student’s ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.