Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wali Kota Gunungsitoli Tinjau Pasar Nou

Wali Kota Gunungsitoli Tinjau Pasar Nou

Gunungsitoli, suarasumut.com — Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp bersama sejumlah kepala SKPD meninjau para pedagang yang berjualan di Pasar Nou, yang terletak di Jalan Sudirman, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Jum’at (18/9).

Sejumlah pedagang yang ditemui Wali Kota berharap Pasar Nou dapat dibenahi, supaya para pedagang dan pembeli bisa merasa nyaman.

Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp yang ditemui wartawan usai meninjau Pasar Nou mengatakan, kegiatan yang dia lakukan merupakan bagian dari pelayanan dan kepedulian kepada warga. Dia ingin melihat kenyamanan para pedagang berjualan, dan ingin tahu sampai dimana minat masyarakat untuk membeli di Pasar Nou, dan apa yang harus ditata supaya Pasar Nou menjadi lebih nyaman buat pedagang dan pembeli.

“Kita sudah melihat bagaiman para pedagang di Pasar Nou berjualan di Pasar Nou, dan saya menganggap tingkat kenyamanannya para pedagang dan pembeli di Pasar Nou kurang. Ini menjadi tugas Pemko Gunungsitoli ke depan, sesuai permintaan para pedagang,” ujar Martinus.

Mengenai harga barang, menurut Wali Kota Gunungsitoli belum ada kenaikan, dan harga sembako di Pasar Nou sesuai keterangan para pedagang masih stabil. Yang dia sayangkan, saat meninjau Pasar Nou, dia mendapat informasi jika sebagian besar sayur dan buah buahan yang dijual para pedagang berasal dari luar Pulau Nias.

“Sebagian besar sayur dan buah yang dijual para pedagang di Pasar Nou masih didatangkan dari luar Pulau Nias. Ini menjadi pekerjaan rumah kita ke depan, juga rekan rekan kepala daerah yang lain. Kita akan mencari cara bagaimana mengajak masyarakat menanam sayur dan buah di daerahnya, sehingga tidak perlu didatangkan lagi dari luar Pulau Nias,” tutur Martinus.

Tinjau Perumahan Warga Dibelakang Komplek Pasar Beringin

Sesuai pantauan wartawan, selain meninjau Pasar Nou, Wali Kota Gunungsitoli juga meninjau pemukiman warga yang ada di belakang komplek Pasar Beringin, Jalan Sudirman, Kota Gunungsitoli. Dalam kunjungannya ke perumahan warga tersbeut, Wali Kota mendengar sejumlah keluhan warga, dimana salah satunya adalah terkait sulitnya mendapat air bersih.

Dia berjanji akan mencari cara, dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak bagaimana agar PDAM bisa masuk ke komplek tersebut, sehingga warga tidak kesulitan air bersih. Wali Kota juga akan meminta Kadis Kesehatan untuk menggelar Posyandu setiap minggu atau bulan di komplek tersebut.

Tujuannya, supaya kesehatan warga di daerah tersebut dapat terjaga, bahkan menruut Wali Kota Gunungsitoli, dalam waktu dekat Pemko Gunungsitoli akan memberi pelayanan operasi katarak gratis kepada warga Kota Gunungsitoli yang menderita penyakit katarak.
Jadi Tempat Pengolahan Sampah

Kepala Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli Motani Telaumbanua, SH pada kesempatan yang sama memberitahu kepada wartawan, bangunan tempat pemotongan hewan dan penjualan daging babi di belakang komplek Pasar Beringin telah dia usulkan untuk dijadikan tempat pengolahan sampah.

Bangunan yang telah diserahkan Pemkab Nias kepada Pemko Gunungsitoli tersbeut, sangat efektif jadi tempat pengolahan sampah, bahkan hasilnya akan dapat dinikmati warga sekitar dengan cara bekerja langsung melakukan pengolahan sampah. Namun, sebelum dijadikan tempat pengolahan sampah, Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli terlebih dahulu melakukan sosialisasi.(ih/ss/gs)

Kata kunci terkait:
pasar burung gunung sitoli, videos kota gunungsitoli gratis, pasar burung di pulau nias

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...