Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Wali Kota Gunungsitoli Serahkan Kunci Kios Kepada Pedagang

Wali Kota Gunungsitoli Serahkan Kunci Kios Kepada Pedagang

Gunungsitoli | suarasumut.com — Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp menyerahkan kunci kios kepada pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Soliga, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli.

Kunci diserahkan Wali Kota Gunungsitoli secara simbolis kepada perwakilan para pedagang di kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Sabtu (21/11).

Pada acara penyerahan kunci yang dihadiri puluhan pedagang, Drs.Martinus Lase, M.Sp memberitahu, sejak tahun 2012 sampai 2013, Pemerintah Kota Gunungsitoli telah melakukan rehab terhadap 52 kios yang ada di Pasar Soliga. Dana rehab berasal dari dana bantuan Kementerian Perdagangan dan Industri Republik Indonesia.

Kepada para pedagang Pasar Soliga yag telah menerima kunci kios, Wali Kota berharap untuk dapat menjaga dan merawat kios yang dipercayakan kepada pedagang, supaya kios yanga ada di Pasar Soliga tetap awet.

Tidak lupa dia mengatakan, sesuai permintaan Lurah Ilir sebelumnya, mengingat kondisi perekonomian warga yang masih lemah, untuk tahun pertama penggunaan kios, Pemkot Gunungsitoli tidak akan memungut retribusi atau gratis.

Kadis Perindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli Yohanes Halawa dalam laporannya memberitahu, kios yang telah dibangun baru di pasar Soliga ada sebanyak 52 kios. Blok A terdiri dari 14 kios, blok B terdiri dari 16 kios, blok C terdiri dari 6 kios dan blok D terdiri dari 16 kios. Selain 52 kios, juga ada dibangun sebanyak 8 los tempat pedagang ikan.

Dari 52 orang pedagang Pasar Soliga, menurut Kadis Perindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli, hanya sebanyak 48 orang pedagang yang telah menyerahkan formulir permintaan penggunaan kios kepada Pemkot Gunungsitoli.

Tidak lupa dia meminta para pedagang untuk menerima kunci kios yang diserahkan sesuai petunjuk sebelumnya, dan setelah menerima kunci, para pedagang dianjurkan untuk mengurus izin ke badan pelayanan terpadu satu pintu (BPPT) Kota Gunungsitoli.

Minta Tahun Pertama Gratis

Di tempat yang sama, Lurah Ilir Abu bakar Sidik Hia mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Gunungsitoli, karena telah merehab semua kios yang ada di Pasar Soliga. Dia juga berharap Pemkot Gunungsitoli mau meringankan beban para pedagang yang masih memiliki ekonomi lemah, dengan menggratiskan sewa kios untuk tahun pertama.

Hal senada juga diungkapkan perwakilan salah seorang pedagang Eferina Halawa alias Ina Wira, dia mewakili para pedagang memperikan apresiasi kepada Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp yang telah memperhatikan nasib mereka.

Selama ini menurut Aferina, mereka terpaksa berjualan di emperan Pasar Soliga, karena kios baru dibangun dan mereka belum diijinkan untuk menempati. Setelah penyerahan kunci, mereka masih meminta kepada Wali Kota Gunungsitoli agar memperhatikan besarnya sewa kelak, sebab mereka para pedagang di Pasar Soliga adalah pedagang kecil dengan keuntungan maksimum perhari hanya mencapai Rp 20 ribu – Rp 25 ribu.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Drs.Martinus Lase, M.Sp yang terus menerus memperhatikan kami para pedagang kecil. Kami berharap, Drs.Martinus Lase, M.Sp kembali memimpin Kota Gunungsitoli lima tahun kedepan,” tegas Aferina. (ih/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Karo Pimpin Apel Gabungan Usai Libur Idul Fitri

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *