Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wali Kota Gunungsitoli : Pondasi Untuk Membangun Kota Gunungsitoli Telah Berdiri

Wali Kota Gunungsitoli : Pondasi Untuk Membangun Kota Gunungsitoli Telah Berdiri

Gunungsitoli | suarasumut.com — Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mengatakan, pondasi atau hal mendasar untuk membangun Kota Gunungsitoli telah berdiri. Pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya di Kota Gunungsitoli akan terus diperbaiki ke depan demi kesejahteraan Kota Gunungsitoli.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp yang didampingi Wakil Wali Kota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato, dan Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM, pada acara coffe morning yang digelar Pemerintah Kota Gunungsitoli di loksi objek wisata Kaliki, Jalan Yos Sudarso, Desa Ombolata Ulu, Kota Gunungsitoli, Sabtu (14/11).

Kepada sejumlah wartawan yang hadir pada coffe morning, Wali Kota Gunungsitoli memberitahu, selama memimpin Kota Gunungsitoli bersama wakilnya, ada banyak keberhasilan yang telah dicapai. Namun, dia mengakui, masih ada juga kekurangan, dan berjanji kekurangan tersebut akan diperbaiki lima tahun ke depan.

Tetap Posisi 5 Besar DOB Terbaik

Pada paparannya, Drs. Martinus Lase, M.Sp mengklaim, selama dibawah kepemimpinannya bersama Drs.Aroni Zendrato, tiga tahun berturut turut Kota Gunungsitoli berada pada posisi 5 besar terbaik Derah Otonom Baru (DOB), dari 33 DOB se Indonesia.

Evaluasi pertama tahun 2012, Kota Gunungsitoli berada pada posisi 5 terbaik, tahun 2013 berada pada posisi 4 terbaik, dan pada tahun 2014 tetap berada pada posisi 4 terbaik, atau menjadi DOB terbaik se Sumatera Utara.

Pembangunan di Sejumlah Bidang

Dia tidak lupa menjelaskan, Pemkot Gunungsitoli selama lima tahun telah melakukan berbagai usaha untuk pembangunan Kota Gunungsitoli menuju masyarakat Kota Gunungsitoli yang sehat dan sejahtera.

Dibidang pendidikan, menurut Drs. Martinus Lase, M.Sp, Pemkot Gunungsitoli telah membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh kecamatan. Sarana dan prasarana pendidikan di seluruh sekolah yang ada di Kota Gunungsitoli, telah dibangun dan pendidikan guru terus ditingkatkan, sehingga indeks prestasi pendidikan di Kota Gunungsitoli naik setiap tahun.

Pada bidang kesehatan, seluruh kecamatan yang ada di Kota Gunungsitoli telah didirikan Puskesmas. Bahkan di seluruh wilayah telah ditempatkan tenaga dokter, dimana sebelumnya tidak ada tenaga dokter dan hanya ada perawat.

Untuk bidang perindustrian, Pemkot Gunungsitoli telah melakukan pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang, terutama dibidang usaha mikro. Telah melakukan pelatihan membuat keripik, meubel, anyaman dan lain sebagainya.

Selain diberi pelatihan untuk dapat berusaha dan mandiri, masyarakat yang dilatih juga diberi modal usaha dan alat untuk menunjang usahanya.

Sedangkan dibidang pertanian, petani Kota Gunungsitoli dibawah binaan Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli telah membuka lahan seluas 400 hektar. Pada panen perdana, hasil panen petani mencapai 8,4 ton per hektar.

Untuk panen kedua, Pemkot Gunungsitoli melalui dinas pertanian menggratiskan bibit dan pupuk kepada petani, dan menargetkan pada tahun 2016, Kota Gunungsitoli swasembada pangan.

“Dari hasil evaluasi, kita mendapat juara 1 terbaik se Sumatera Utara. Kalau kita tidak kerja sesuai tudingan selama ini, mengapa kita bisa mendapat predikat juara 1 se Sumatera Utara di bidang pertanian,” ujar Martinus.

Bidang transportasi, menurut Martinus Lase, selama ini banyak yang menuding belum tertata, maka untuk menata Kota Gunungsitoli dibidang transpotasi, Pemkot Gunungsitoli mengawali dengan pembangunan dermaga Kapal Roro di Desa Siwalumbanua, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

“Periode ini kita awali dengan pembangunan pondasi, atau mengawali dari hal yang mendasar. Siapapun Wali Kota, kalau tidak dimulai dengan pembangunan yang mendasar, pasti akan gagal,” tegasnya.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Karo Pimpin Apel Gabungan Usai Libur Idul Fitri

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *