Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Wali Kota Ajak Warga Membudayakan Makan Ikan

Wali Kota Ajak Warga Membudayakan Makan Ikan

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua ajak warga membudayakan makan ikan disegala usia.

Ajakan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada acara promosi gemar makan ikan yang digelar dinas perikanan Kota Gunungsitoli di halaman Makodom 0213/Nias, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Rabu (20/12).

Pada acara promosi gemar makan ikan yang diikuti peserta dari instansi pemerintah dan pelajar dari tingkat SD sampai perguruan tinggi, Wali Kota Gunungsitoli juga berharap acara gemar makan ikan dibudayakan dan dipertahankan, serta dijadikan agenda rutin pemerintah setiap tahun.

Hal itu dilakukan sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo bahwa potensi kepulauan Nias selain pariwisata adalah kelautan.

Dia juga minta masyarakat meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan dan melestarikan keindahan pantai, sehingga potensi laut dan ikan dapat tumbuh dan terpelihara dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Aliran Telaumbanua mengakui jika produksi ikan tahun 2017 di Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli masih cenderung rendah.

Menurut dia, hal tersebut disebabkan oleh sarana dan prasarana nelayan yang belum memadai, serta disebabkan cuaca buruk yang tidak memungkinkan nelayan melaut dan menjaring ikan. Selain itu, tekhnologi budidaya dalam pengolahan ikan di Kota Gunungsitoli belum mencukupi.

Langkah yang telah ditempuh untuk mendorong produksi ikan diantaranya melalui program Kementerian Kelautan RI dengan pemberian asuransi perlindungan kepada nelayan sebanyak 1735 orang dengan jaminan 200 juta per orang jika nelayan mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia.

Sebanyak 20 juta sampai 100 juta per orang jika nelayan mengalami kecelakaan hingga cacat tetap. Juga dilakukan pelatihan, serta pemberian peralatan pengolahan hasil perikanan kepada nelayan.(ih/ss-gs)

Lihat Juga

Pengurus FKUB Kabupaten Nias Periode 2018 – 2023 Dibentuk

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias membentuk pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) periode ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *