Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wakil Walikota Tebingtinggi Buka Pelatihan Constextual Teaching And Learning

Wakil Walikota Tebingtinggi Buka Pelatihan Constextual Teaching And Learning

Tebingtinggi | suarasumut.com – Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar, secara resmi membuka pelatihan peningkatan kapasitas guru SMA,SMK dan MA yang diikuti 54 orang peserta, di Hotel Malibou Tebingtinggi, Selasa (19/4).

Pelatihan ini diselenggarakan OS.Institute melalaui dana CSR PT Inalum (Persero) dalam rangka program bidang lingkungan dibidang pendidikan melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) dan berlangsung selama 3 hari.

Oki menyampaikan, Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia dengan melalui berbagai program baik yang dilakukan terhadap peserta didik maupun para gurunya.

Bidang pendidikan merupakan bagian yang terbesar menyerap APBN, dan hal ini tentunya didasari oleh pemikiran betapa pentingnya pendidikan tersebut, yang akan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Bangsa.

“Dengan terciptanya SDM yang handal dan punya kapabelitas, akan menjadikan Bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia, serta akan mampu untuk ikut berkopetisi dengan bangsa-bangsa didunia,”ujar Oki.

Dikatakannya, apa yang terjadi pada dunia pendidikan kita saat ini harus menjadi perhatian bersama utamanya guna meningkatkan kualitas pendidikan, dan peranan ini tidak semata-mata hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tetapi semua elemen bangsa.

Untuk itu pula PT Inalum (persero) ikut mengambil perannya melalui dan CSR yang digulirkan, seperti halnya pelatihan yang dilakukan hari ini, dan Pemerintah Kota Tebingtinggi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT.Inalum (persero).

Oki mengatakan saat ini ada indikator kemungkinan kurang nyaman terhadap pendidikan formal, dan itu tergambar dari tumbuh kembangnya lembaga-lembaga pendidikan diluar pendidikan formal, seperti kursus dan pelatihan lainnya.

Kata Oki, jadikanlah momentum ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan sumber daya manusia mencerdaskan anak bangsa agar bisa menjawab segala tantangan kedepan, menjadi anak-anak yang cerdas dan tangguh. “Kita berharap nantinya akan mengantarkan bangsa sejajar dengan bangsa lainnya dan lebih baik dari yang kita rasakan dan nikmati saat ini, kita akan disebut berhasil apabila generasi yang ditinggalkan lebih baik dari kita. Apa yang sebenarnya terjadi pada pendidikan formal tersebut, CTL ini diharapkan mampu menjadi solusinya dan sekaligus meningkatkan kapasitas guru khususnya bagi peserta pelatihan ini,” tegas Oki Doni.

Sebelumnya, mewakili Pimpinan PT Inalum (persero) Susam Widodo Manager Seksi Pemberdayaan Masyarakat, mengatakan PT Inalum berharap keberadaan perusahaannya ini bermanfaat buat warga disekitarnya.
“Khususnya dibidang pendidikan sehingga dapat ciptakan SDM yang mampu bersaing. PT.Inalum (persero) sangat konsen dengan pendidikan dan itu terbukti dengan besarnya dana CSR untuk bidang pendidikan mencapai 42,7 persen,”ucapnya Susam Widodo.

Dikatakannya lagi, pelatihan ini sangatlah efektif dan bermanfaat buat pendidikan di Kota Tebingtinggi, dan diharapkan para pesertanya nanti dapat menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing, dan dilain kesempatan PT Inalum (persero) akan menjalin hubungan dan kerjasama ini dengan Pemerintah kota Tebingtinggi.

Hadir dalam kegiatan ini, Master Of Training Prof. Dr. Sri Minda Murni, Asisten GM PT.Inalum Syamsul Rizal Harahap, Direktur OS. Institute ABD. Firman Kursin,dan Kadis Pendidikan Pardamean Siregar serta Chaidir Chandra Manager Program OS. Institute.

Pembelajaran Konteksual atau Contextual Teaching and Learning ( CTL ) merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.(ag/ss-tt)

Kata kunci terkait:
PT Inalum

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...